Penerapan Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mulo Ara Cangduri

Authors

  • Nur Ainun Lubis IAIN Lhoskeumawe
  • Syarifah Aini Rambe IAIN Takengon
  • Husrin Konadi IAIN Takengon
  • Maisarah Maisarah IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i1.1396

Keywords:

kegiatan pembiasaan, pembentukan moral

Abstract

Perkembangan nilai-nilai moral adalah kemampuan bersikap, bertingkah laku, dan bertindak. Salah satu metode yang dapat mengembangkan perkembangan nilai moral adalah kegiatan pembiasaan. Pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga anak menjadi terbiasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini manunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan dalam pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri ditunjukkan dari beberapa kegiatan pelaksanaan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemberian teladan, dan kegiatan terprogram. Kesimpulan dari hasil kegiatan pembiasaan dalam pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri terlihat dari anak menunjukkan rasa disiplin taat aturan dan tepat waktu, sikap peduli terhadap lingkungan dan temannya, toleransi simpati teman, tolong menolong, bekerjasama, berbagi sesama teman. Hal ini dibuktikan pada awal datang kesekolah, hingga keluar dari area sekolah.

References

Asmawati, L (2016). Perencanaan Pembelajaran PAUD, (Bandung: PT Rosda Karya,2016)

Ihsani,N. (2018) Potensia, Jurnal Ilmiah vol. 3 (1), 50-55

Istarani, (2017) Metode Pembelajaran Cara-Cara Efektif Dalam Menyampaikan Materi Pembelajaran, Medan : Media Pustaka.

Susanto, A (2011). Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Lubis, N. A., Rambe, S. A., Konadi, H., & Maisarah, M. (2021). Penerapan Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mulo Ara Cangduri . Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 11–26. https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i1.1396