Penerapan Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mulo Ara Cangduri
DOI:
https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i1.1396Keywords:
kegiatan pembiasaan, pembentukan moralAbstract
Perkembangan nilai-nilai moral adalah kemampuan bersikap, bertingkah laku, dan bertindak. Salah satu metode yang dapat mengembangkan perkembangan nilai moral adalah kegiatan pembiasaan. Pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus sehingga anak menjadi terbiasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini manunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan dalam pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri ditunjukkan dari beberapa kegiatan pelaksanaan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemberian teladan, dan kegiatan terprogram. Kesimpulan dari hasil kegiatan pembiasaan dalam pembentukan moral anak di TK Mulo Ara Cangduri terlihat dari anak menunjukkan rasa disiplin taat aturan dan tepat waktu, sikap peduli terhadap lingkungan dan temannya, toleransi simpati teman, tolong menolong, bekerjasama, berbagi sesama teman. Hal ini dibuktikan pada awal datang kesekolah, hingga keluar dari area sekolah.
References
Asmawati, L (2016). Perencanaan Pembelajaran PAUD, (Bandung: PT Rosda Karya,2016)
Ihsani,N. (2018) Potensia, Jurnal Ilmiah vol. 3 (1), 50-55
Istarani, (2017) Metode Pembelajaran Cara-Cara Efektif Dalam Menyampaikan Materi Pembelajaran, Medan : Media Pustaka.
Susanto, A (2011). Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.