Implementasi Model Pembelajaran Klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK PERTIWI 1 Kota Bengkulu Tahun 2022

Authors

  • Septi Fitriana Universitas Bengkulu
  • Andhita Diva Maulieftha Universitas Bengkulu
  • Rina Puspita Dewi Universitas Bengkulu
  • Cinta Nurul Fadillah Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1056

Keywords:

pembelajaran model klasik, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran klasikal adalah pola pembelajaran dimana dalam waktu yang sama, kegiatan dilakukan oleh seluruh anak sama dalam satu kelas. Model pembelajaran ini merupakan model yang paling awal digunakan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pembelajaran klasikal dalam melaksanakan suatu proses belajar mengajar, sebaiknya guru melakukannnya dengan menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran. Kegiatan mengajar yang dilakukan guru dengan pendekatan tertentu akan bermakna, apabila materi yang diberikan kepada siswa dapat dimengerti oleh sebagian besar siswa atau seluruh siswa. 2) Implementasi Model pembelajaran klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini dengan menyenangkan misalnya memulai dengan berdoa, presensi, bernyanyi sesuai tema, bertepuk tangan, berdiskusi dan tanya jawab tentang tema dan sub tema atau pengalaman yang dialami anak serta menggunakan beragam media.

References

Lutfiyati Unsiyah Zulfa. (2021). Peran Guru Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Klasikal Pada Masa Pandemi Di Ra Al Anwar Kediri. Jurnal Tumbuhkembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Edisi November Volume 8 Nomor 2.

Angga Saputra & Suryandi, (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pelangi Jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan Islam anak Usia Dini Vol. 02, Nomor 02, September. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Riska Aroaital Lisa, (2018). Analisis Pembelajaran Klasikal Semi Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah 10 Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 1. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3609

Sukmadinata & Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan (Bandung; Remaja Rosdakarya 2012).

Badru Zaman & Rudianto, 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Teaching And Learning Using Locally Available Resources (Talular) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Lembaga Paud Kurang Beruntung. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 13 No. 3. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.5999

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Sutanto, Limas . 2005. “Teori Konseling dan Psikoterapi Perdamaian”. Tesis tidak diterbitkan. Malang: UNM

Syahrudin, (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Ponorogo. Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung; Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; Rineka

Downloads

Published

2023-05-02

How to Cite

Fitriana, S., Diva Maulieftha, A., Puspita Dewi, R., & Nurul Fadillah, C. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK PERTIWI 1 Kota Bengkulu Tahun 2022. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1056