Upaya Guru Dalam Meningkatan Hasil Belajar Fiqih Wudhu di MI Ma’arif Sutawinangun

Authors

  • Amal Khayati Khayati
  • Dinda Dinda IAI BBC Cirebon
  • Azizah Azizah IAI BBC Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1015

Keywords:

upaya guru, hasil belajar, fiqh wudhu

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Guru Dalam Meningkatan Hasil Belajar Fiqih Wudhu Di Mi Ma’arif Sutawinangun”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Kemampuan Guru Dalam Mempraktik Wudhu Pada Peserta Didik di MI Ma’Arif Sutawinangun?”. Tujuan dilakukannya penelitian ini Untuk Mengetahui Bagaimanakah Kemampuan Guru Dalam Mempraktik Wudhu Pada Peserta Didik di MI Ma’Arif Sutawinangun. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Penggunaan metode dapat memberikan peningkatan aktivitas guru dan anak di dalam kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Karena kegiatan praktik wudhu dengan metode demonstrasi di pada Mi Ma’arif Sutawinangun, meningkatkan konsentrasi anak-anak terhadap suatu objek yang sedang diperhatikannya dan dapat memperagakan kegiatan wudhu. Adapun hasil penelitian guru fiqh berupaya atau berusaha dengan akal dan ikhtiar agar peserta didik memahami materi wudhu dengan baik dan benar melalui Rencana Pelaksanaan Pemebelajaran (RPP) dan terkadang melakukan praktik, memberikan hadiah (reward) dan menggunakan infocus. Dan kesulitan atau mempunyai beberapa factor penghambat ketika ditugaskan untuk praktik wudhu kurang focus dan factor pendukung memalui media youtobe atau menggunakan power point.

References

Indonesia Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nurfuadi. 2012. Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press.

Qardhawi, Yusuf, 2006. Fikih Thaharah, terj, Samson Rahman, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Sardiman, A.M .2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Thobroni,Muhammad., dan Mustofa,Arif. 2011. Belajar & Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Vembriarto, S.T.1994. Kamus Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiarsana Indonesia.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Khayati, A., Dinda, D., & Azizah, A. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatan Hasil Belajar Fiqih Wudhu di MI Ma’arif Sutawinangun. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1015