Permainan Matematika dan Sains Kreatif bagi Anak Usia Dini di TK IT An Najah Takengon
Main Article Content
Nur Ainun Lubis
Ali Umar
Muhammad Rijali Rais
Penelitian ini membahas tentang aktivitas matematika dan sains kreatif di TK IT An Najah Takengon. Pembelajaran matematika bagi anak usia dini lebih menekankan pada penguasaan kemampuan berhitung sedangkan sains menekankan pada pengenalan warna dan bereksperimen baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Kegiatan yang dilakukan yaitu menyusun tutup botol air mineral, Membuat Plastisin, Berkebun, Bermain Hula Hoop, Membuat bingkai dari stik es, Tarik Tambang, dan Eksperimen Pelangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang dilaksanakan di TK IT An Najah Takengon. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis melalui pendekatan kualitatif. Pembelajaran matematika dan sains kreatif sebagai salah satu alternatif bagi anak usia dini yang dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan dan bermakna.
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lubis, Nur Ainun, Syarifah Ainy Rambe, Husrin Konadi, and Maisarah. 2021. “Penerapan Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mulo Ara Cangduri.” SEULANGA: Jurnal Pendidikan Anak 2 (1): 11–27.
Mary Mayeski. 2002. Creative Activities for Young Children, 7th Edition. United States: Delmar.
Özdoǧan, Ece. 2011. Play, Mathematic and Mathematical Play in Early Childhood Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 15. ELSEVIER. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.256.
Rachmawati. 2008. Bahan Ajar Diklat Pendidik Anak Usia Dini; Matematika Untuk Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Santrock. 2007. Perkembangan Anak, Child Development, Eleventh Edition. Eleventh e. Jakarta: Erlangga.
Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas. Bandung: PT. Pustaka Sebelas.
Syima, Sunanih. 2017. “Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa.” Early Childhood : Jurnal Pendidikan 1 (1): 79–90. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.63.
Yuliani, Nurani Sujiono. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka.