JOURNAL TEMPLATE
This work is licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Praktik Ibadah Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun di SBB Al-Hikmah”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Praktik Ibadah Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun di SBB Al-Hikmah?.”Tujuan dilakukannya penelitian ini Untuk Mengetahui Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Praktik Ibadah Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun di SBB Al-Hikmah. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Penggunaan metode dapat memberikan peningkatan aktivitas guru dan anak di dalam kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Karena kegiatan praktik shalat dengan metode demonstrasi di pada SBB Al-Hikmah, meningkatkan konsentrasi anak- anak terhadap suatu objek yang sedang diperhatikannya dan dapat memperagakan kegiatan shalat. Adapun hasil pencapaian tindakan pada siklus I menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh anak. Adapun kemampuan dalam melakukan praktik ibadah shalat pada siklus I adalah sebanyak 3 anak yang belum berkembang (BB) atau dengan persentase 15%, 12 anak mulai berkembang (MB) atau dengan persentase 60%, kemudian 4 anak berkembang sesuai harapan (BSH) atau dengan persentase 20%, 1 anak berkembang sangat baik (BSB) atau dengan persentase 5%. Kemudian, kemampuan dalam melakukan praktik ibadah shalat pada siklus II adalah tidak ada anak yang belum berkembang (BB), tidak ada anak mulai berkembang (MB), kemudian 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH) atau dengan persentase 15%, 17 anak berkembang sangat baik (BSB) atau dengan persentase 85%. Dengan demikian metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan praktik ibadah shalat anak 4-5 tahun di TK SBB Al-Hikmah.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Jhoni, D. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana: Prenada Media Group.
Permendiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional Anak Usia Dini. Permendiknas.
Ritonga, R., & Zainuddin. (2002). Fiqh Ibadah. Gaya Media Pratama.
Roestiyah N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Copyright (c) 2021 Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.