PESANTREN LEMBAGA PENDIDIKAN TERTUA DI INDONESIA DAN PERKEMBANGANNYA
Main Article Content
Adhistria Rahma Anjani
Putri Amanah
Sitti Chadidjah
Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang memainkan peran penting dalam perkembangan pendidikan Islam di nusantara. Berawal dari sistem pendidikan tradisional yang menekankan pada pengajaran kitab kuning dan nilai-nilai keislaman, pesantren telah mengalami berbagai transformasi signifikan sesuai dengan perkembangan zaman. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji sejarah berdirinya pesantren, struktur pendidikan, serta kontribusi pesantren dalam pembentukan karakter dan intelektual umat Islam di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi tantangan dan peluang yang dihadapi pesantren berjuang melawan takhayul dan agama serta kepercayaan pada semua tuhan, karena pesantren awalnya dimaksudkan sebagai agama monoteistik. Setelah hadirnya pesantren baru, “nilai-nilai hitam” yang sebelumnya ada di lingkungan tersebut dikontraskan dengan “nilai-nilai putih” yang ditawarkan oleh pesantren, dan pesantren selalu keluar sebagai pemenang. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan Islam di Indonesia serta menjadi referensi bagi studi lebih lanjut mengenai lembaga pendidikan pesantren.
Alfurqon. “PERKEMBANGAN PESANTREN DARI MASA KE MASA.” Hadharah Jurnal Keislaman Dan Peradaban 13, no. 1–16 (2019): 1.
Aziz, Jamil Abdul. “Pesantren: Genealogi, Dinamika, dan Nasionalisme.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 01 (January 1, 1970): 137–53. https://doi.org/10.37542/iq.v1i01.11.
Furqan, Muhammad. “SURAU DAN PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENGEMBANG MASYARAKAT ISLAM DI INDONESIA (KAJIAN PERSPEKTIF HISTORIS).” JURNAL AL-IJTIMAIYYAH 5, no. 1 (June 30, 2019): 1. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.5132.
Hasan, Mohammad. “PERKEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DI INDONESIA.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (November 5, 2015): 55. https://doi.org/10.19105/jpi.v10i1.638.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin Fahrudin. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (November 1, 2018): 1–10. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4117.
Idrus, L. “PESANTREN, KYAI DAN TAREKAT (Potret Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia),” no. 1–17 (n.d.).
Ismayani, Ismayani, Andi Warisno, Afif Anshori, and Andari Andari. “PESANTREN DAN PEMBARUAN: ARAH DAN IMPLIKASI.” Research and Development Journal of Education 9, no. 1 (April 11, 2023): 161. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14887.
“Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 01, No. 02” 01, no. 02 (2013).
Khairudin. “KIPRAH PENDIDIKAN PESANTREN DI INDONESIA DALAM PESPEKTIF FILSAFAT SEJARAH.” Jurnal Hikmah 15, no. 110–118 (2018): 2.
Mansyuri, Aulya Hamidah, Beta Ardana Patrisia, Binti Karimah, Defi Vita Fitria Sari, and Wahyu Nur Huda. “Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 30, 2023): 101–12. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376.
Maunah, Binti. “LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: KAJIAN DESKRIPSI-ANALITIK MODEL LEMBAGA PENDIDILAN ISLAM.” EMPIRISMA 24, no. 2 (July 1, 2015). https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.23.
Muhammad Hendra Firmansyah. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pembentukan Akhlak.” SIRAJUDDIN : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam 1, no. 1 (January 4, 2022): 1–18. https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v1i1.387.
Putri, Ardianti Yunita, and Elia Mariza. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahirnya Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, Sejarah Perkembangan Pesantren/ Sistem Pendidikan, Dan Perkembangannya Masa Kini).” Journal Of Social Science Research 3 (2023): 2.
Rahma, Shinta Nur, Siti Shofiyah, Yuli Arifianti, Shafira Prameswari, and Muhammad Jabbar Abdillah. “SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DI INDONESIA.” Didaktik: Jurnal Ilmiah 10, no. 1254–1263 (2024): 01.
Salam, Rufaidah. “Pendidikan di Pesantren dan Madrasah” 1 (2021).
Saro’i, Mohammad. “SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN DINAMIKA PENGEMBANGAN INTELEKTUAL SANTRI.” Al-Ibrah 6, no. 1 (2021): 150–72.
Silvia, Elvi. “Sejarah Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara: Surau, Pesantren dan Madrasah.” Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 8, no. 2 (December 27, 2023): 140. https://doi.org/10.32332/riayah.v8i2.8117.
Susilo, Agus Agus, and Ratna Wulansari. “Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam 20, no. 2 (December 29, 2020): 83–96. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v20i2.6676.
Syafe’i, Imam. “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (May 16, 2017): 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097.



