TATA KELOLA KEPEMIMPINAN DAYAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN KONTEMPORER
Studi Kasus Di Dayah Misbahul Huda Buket Rata Kota Lhokseumawe
Main Article Content
Mohd Rifky Abdallah Syafrendi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model kepemimpinan di Dayah Misbahul Huda, sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional di Aceh, dalam menghadapi tantangan pendidikan kontemporer seperti integrasi teknologi, perubahan kurikulum, dan tuntutan globalisasi. Fokus utama adalah peran teungku sebagai pemimpin otoriter yang mengarahkan kebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan teungku, guru, dan santri. Analisis tematik mengungkapkan bahwa kepemimpinan di Dayah Misbahul Huda berhasil memadukan tradisi dan inovasi, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan karakter dan intelektual santri. Meskipun ada resistensi terhadap modernisasi, dayah ini menunjukkan adaptabilitas melalui penggunaan teknologi dan keterlibatan aktif dengan komunitas sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan otoriter yang dijalankan dengan pendekatan kolegial dapat mempertahankan esensi pendidikan Islam sambil membuka ruang bagi inovasi. Studi ini menyoroti pentingnya strategi adaptif dalam menghadapi tantangan pendidikan modern dan menegaskan kontribusi signifikan dayah dalam pendidikan dan pengembangan sosial di masyarakat. Dengan demikian, Dayah Misbahul Huda menjadi contoh bagaimana institusi pendidikan tradisional dapat tetap relevan dan berkelanjutan di era globalisasi, melalui inovasi dan kolaborasi yang tepat.
Azra, A. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia. Jakarta: Prenada Media, 2000.
Azra, Azyumardi. The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia: Networks of Malay-Indonesian and Middle Eastern “Ulama” in the Seventeenth and Eighteenth Centuries. Honolulu: University of Hawai’i Press, 2003.
Bass, Bernard M. Bass & Stogdill’s Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications. New York: Free Press, 1990.
Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam Di Indonesia. bandung: Mizan, 1995.
Collins, Allan, dan Richard Halverson. Rethinking Education in the Age of Technology: The Digital Revolution and Schooling in America. New York: Teachers College Press, 2009.
Creswell, J. W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Los Angeles: Sage Publications., 2013.
Darling-Hammond, Linda, et al. Preparing Teachers for a Changing World: What Teachers Should Learn and Be Able to Do. San Francisco: Jossey-Bass, 2020.
Dhofier, Zamakhsyari. The Pesantren Tradition: The Role of the Kyai in the Maintenance of Traditional Islam in Java. Tempe: Arizona State University, Program for Southeast Asian Studies, 1999.
Fauzi, Ahmad. “Peran Kepemimpinan Teungku Dalam Transformasi Pendidikan Dayah.” Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer 12, no. 1 (2019): 45–67. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpik.v12i1.4567.
Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia: Lintasan Sejarah, Pertumbuhan, Dan Perkembangan. jakarta: PT Raja Grafindo Persada., 2001.
Hassan, Zulkifli. “Tantangan Modernisasi Dalam Pendidikan Islam Tradisional.” Jurnal Studi Islam Dan Pendidikan 18, no. 2 (2023): 102–20. https://doi.org/https://doi.org/10.5678/jsip.v18i2.7890.
Latif, Muhammad. “Kepemimpinan Otoriter Dan Adaptasi Di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen Pendidikan 15, no. 3 (2022): 78–99. https://doi.org/https://doi.org/10.8765/jmp.v15i3.2345.
Mudzakkir, A. “Kepemimpinan Dalam Pesantren: Studi Tentang Gaya Kepemimpinan Kiai Di Era Modern.” Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2020): 45–57.
Mudzakkir, Afidah. “Kepemimpinan Dalam Pesantren: Studi Tentang Gaya Kepemimpinan Teungku Di Era Modern.” Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2020): 45–57.
Noor, M. S. “Pengaruh Modernisasi Terhadap Sistem Pendidikan Pesantren Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2019): 23–35.
Nurdin, Fadli. “Inovasi Pendidikan Di Dayah: Studi Kasus Dayah Misbahul Huda.” Jurnal Inovasi Pendidikan Islam 10, no. 2 (2020): 150–70. https://doi.org/https://doi.org/10.4321/jipi.v10i2.1234.
Rahman, Siti. “Integrasi Kurikulum Modern Dalam Pendidikan Dayah.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam 14, no. 4 (2021): 210–30. https://doi.org/https://doi.org/10.6789/jpki.v14i4.5678.
Raihani. Creating Multicultural Citizens: A Portrayal of Contemporary Indonesian Education. New York: Routledge, 2014.
Schleicher, Andreas. World Class: How to Build a 21st-Century School System. Paris: OECD Publishing, 2018.
Siregar, Andi. “Resistensi Terhadap Perubahan Di Lembaga Pendidikan Islam.” Urnal Sosiologi Pendidikan 9, no. 2 (2020): 90–110. https://doi.org/https://doi.org/10.8765/jsp.v9i2.3456.
Yin, Robert K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. Los Angeles: Sage Publications, 2018.
Zuhdi, M. “Islamic Education in Indonesia: Development and Challenges.” Journal of Indonesian Islam 12, no. 2 (2018): 161–82.
Zulfiqar, M., & Rahman, F. “Peran Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 10 (2021): 105–20.



