PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SISWA DI SMP NUSAIBAH LEADERSHIP ISLAMIC BOARDING SCHOOL
Main Article Content
Adhistria Rahma Anjani
Siti Aisah
Muhammad Wahyudin
Mochamad Fadlani Salam
Penelitian ini mengkaji program tahfidz di SMP Nusaibah Leadership Islamic Boarding School yang bertujuan mencetak generasi Muslim bertakwa, intelektual, dan berjiwa kepemimpinan. Program ini membentuk karakter Generasi Tauhid, Rabbani, Qur’ani, dan Dakwah, dengan target hafalan minimal 6 juz Al-Quran. Persiapan harian meliputi doa dan muroja'ah sebelum dan setelah kegiatan utama. Evaluasi dilakukan setiap hari, dilaporkan mingguan dan bulanan kepada orang tua. Hambatan utama meliputi metode pembelajaran yang terus diperbaiki, ketidakhadiran guru, kurangnya motivasi siswa, dan dukungan orang tua yang minim. Sarana dan prasarana memadai, menyediakan tempat yang nyaman untuk menghafal. Program tahfidz ini menunjukkan hasil positif meskipun ada hambatan yang diatasi melalui evaluasi dan perbaikan terus-menerus. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan program tahfidz efektif dalam mencapai tujuan pendidikan Islam yang komprehensif, membentuk karakter siswa sesuai visi dan misi sekolah.
MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS 3 MI TAUFIQIYAH SEMARANG.” Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN. (ABDIMAS SEAN) 1, no. 02 (2023): 46–51.
Azmi, Ibrahim Rasulil. “OPTIMALISASI METODE MUROJA’AH DALAM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMAN 9 REJANGLEBONG.” Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 30, 2019). https://doi.org/10.29300/btu.v4i1.1993.
El Iq Bali, Muhammad Mushfi, and Muhammad Arifin Ainul Fatah. “Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 2 (May 2, 2023): 534–40. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4835.
Komarodin, Komarodin. “Implementasi Program Tahfidz Al Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education 3, no. 2 (January 20, 2024): 135–52. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4586.
Rossevin, Qatrin Nada Sanya, Sufyarma Marsidin, Rusdinal Rusdinal, and Nellitawati Nellitawati. “Analisis Pengelolaan Program Tahfidz Al-Qur’an Yang Efektif Di Yayasan.” Journal of Educational Administration and Leadership 4, no. 3 (March 30, 2024): 85–95. https://doi.org/10.24036/jeal.v4i3.280.
Sari, Mela Amelia, Yandi Suryana, and Usman Faqih. “Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Siswa Kelas VII Di SMP IT An-Nuur Cikadu Palabuhanratu.” Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam 1, no. 1 (2023): 31–48.
Silviana, Nining, and Erna Zumrotun. “ANALISIS PROGRAM TAHFIDZ AL- QURAN TERHADAP PENGUASAAN HAFALAN PADA SISWA KELAS V MI DARUL HIKMAH.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, no. 3 (2023): 1409–21.



