POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP ANAK BERBASIS PARENTING QURANI
DOI:
https://doi.org/10.47766/atjis.v2i2.1743Keywords:
POLA KOMUNIKASI, ANAK, PARENTING QURANIAbstract
Pola asuh merupakan perkara penting dalam mengasuh anak sebagai modal dasar sumber daya manusia bangsa. Tulisan ini secara spesifik bertujuan untuk mengungkap, mengkaji, dan menganalisa pola komunikasi orang tua berbasis Alquran (parenting qurani). Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif menggunakan pendekatan fenomenologis. Dimana pola asuh dianggap sebagai fenomena ironi di lembaga pendidikan. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi orang tua terhadap anak dalam Alquran sebagai berikut: pertama, ya bunayya merupakan pola komunikasi satu arah yang digambarkan Alquran. Kedua, komunikasi dua arah, berupa dialog antara orang tua dengan anak dan melibatkan dalam keputusan keluarga.
References
Adnan. 2018. Parenting Qurani (Pendekatan Ayat-Ayat Alquran). Jakarta: Media Guru
Amin, Samsul Munir. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. 2016. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: CV Sefa Bumi Persada.
Muhadjir, Noeng. 2008. Metode Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Rake Serasin.
Patton, Michel Quinn. 2006. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2017. Manajemen Strategik dalam Meningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. 2010. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.