OPTIMALISASI PERAN KIP DENGAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PUBLIK DAN PENYELENGGARA DALAM PEMILU 2024

Authors

  • Armiadi Komite Nasional Pemuda Indonesia
  • Nurmayuli Universitas Islam Negeri ar-Raniry BAnda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v5i1.1662

Keywords:

Optimalisasi Peran KIP, Media Sosial, Peningkatan Partisipasi Publik, Pemilu 2024

Abstract

Pentingnya alat komunikasi dan informasi yang cepat dan tepat untuk mengatasi masalah dalam penyelenggaraan pemilu 2024, seperti fenomena yang terjadi ditengah masyarakat, banyaknya pemilih yang memilih tidak memakai hak memilihnya; dikarenakan merasa ada kecurangan dalam pemilu dan banyaknya berita hoax seputar pemilu. Sehingga membutuhkan penyuluhan berasal dari Komisi Indenpenden Pemilu (KIP) sebagi penyampaian informasi yang akurat, untuk menghindari atau mengantisipasi fenomena tersebut dengan penggunaan media sosial. Tujuan artikel ini ialah memberikan informasi bagaiaman peran media sosial sebagai alat komunikasi dan informasi dalam rangka peningkatan partisipasi penyelenggra dan masyakarat (publik) dalam pemilu 2024. Hasil analisis menujukkan KIP sebagai panitia penyelenggara harus melakukan sosialisi dan pengotimalan informasi dan keuangan. Hal itu memiliki alasan yaitu Pertama,  persentase pengguna edia sosial yang tinggi di tengah masyarakat Indonesia, kedua, media sosial menjadi alat komunikasi yang mudah dan cepat dalam penyampaian informasi sosialisasi Pemilu yang tepat adan akurat. Ketiga, sebagai penangkal berita hoax seputar sosialisasi Pemilu, dan meningkatkan partisipasi publik dan kinerja penyelengara KIP (panitia tingkat kabupaten, kecamatan ataupun desa) dalam pemilu dengan adanya interaksi aktif dalam media sosial.

References

Akhrani, L. A., Herani, I., Pohan, I. A., & Alhad, M. A. (2020). Kekacauan Pemilu 2019: Fenomena Firehose of falsehood dalam Relasi Sikap terhadap HOAX dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Komisi Pemilihan Umum. Jurnal Transformative, 6(1), 1–27. https://doi.org/10.21776/UB.TRANSFORMATIVE.2020.006.01.1

Anjali, M. E. C. (2017). LITERASI MEDIA SEBAGAI ALAT MENCEGAH PENYEBARAN HOAX DAN HATE SPEECH DI MEDIA SOSIAL.

Aris, M. S. (2018). Penataan Sistem Pemilihan Umum yang Berkeadilan untuk Penguatan Sistem Presidensiil Di Indonesia. Yuridika, 33(2), 290. https://doi.org/10.20473/YDK.V33I2.7379

Arumsari, N., Septina, W. E., & Saputro, I. H. (2020). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), 12–16. https://doi.org/10.15294/HARMONY.V5I1.40271

Cahyono, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Digital dan Peran Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Para Remaja. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 114–124. https://doi.org/10.37012/JIPMHT.V6I1.769

Chairunnisa, I. (2016). PERAN KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KOTA BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT TERHADAP PILPRES TAHUN 2014 DI KOTA BANDA ACEH.

Fajrulfalah, F. (2018). Peran Komisi Independen Pemilihan (KIP) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Tahun2017.

Husna, A. (2019). APATISME POLITIK PEMILIH PEMULA DAN PAPARAN DRAMA KASUS KORUPSI DI LAYAR KACA. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.35308/SOURCE.V4I2.923

Islah, K., Juardi, J., & Nasim, E. S. (2020). Sosialisasi Pemilu 2019 Untuk Pemilih Pemula Kota Depok. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.31334/JKS.V3I1.969

Jayawinangun, R., & Nugroho, D. R. (2019). Segmentasi Pemilih Pemula berdasarkan Akses Berita Politik Melalui Media Sosial di Kabupaten Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 157–164. https://doi.org/10.46937/17201926845

Komariah, K., & Kartini, D. S. (2019). Media Sosial dan Budaya Politik Generasi Milineal dalam Pemilu. ARISTO, 7(2), 228–248. https://doi.org/10.24269/ARS.V7I2.1608

Kurniawan, D. (2018). DILEMATIKA KEWENANGAN KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENYELENGGARAKAN PILKADA DAN PEMILU MENURUT UNDANG - UNDANG DASAR 1945. Nurani Hukum, 1(1), 45. https://doi.org/10.51825/NHK.V1I1.4816

Lan, T. P. A. I. (1969). KEWENANGAN DEKONSENTRASI DALAM PENYELENGGARAAN OTONOMI DAERAH DAN PERMASALAHAN PENYELENGGARAANYA* DI DAERAH. Jurnal Borneo Administrator, 4(1). https://doi.org/10.24258/JBA.V4I1.23

Lubis, L., Ridwan, R., Saleh, A., & Furbani, W. (2022). Literasi Komunikasi Warganet Generasi Milenial Di Media Sosial (Studi Kasus Warganet Di Kota Mataram). Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 4(1), 142–159. https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8695

Masril, M., & Lubis, F. W. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Penyebaran Hoax Di Kota Medan. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 6(1), 11–22. https://doi.org/10.31289/SIMBOLLIKA.V6I1.2937

Muna Nabila, Lailatussaadah, N. (n.d.). View of Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Penginventarisasian Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTSN 4 Aceh Besar. Retrieved June 20, 2023, from https://journal.yayasanputroeceudahatjeh.com/index.php/ceudahjournal/article/view/26/5

Nurhadi, N., & Sunarso, S. (2018). PERAN KIAI DALAM MEMBANGUN PARTISIPASI PEMILIH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 169. https://doi.org/10.17977/UM019V3I2P169-175

Nurmayuli, N., Patriza, M., & Ulandari, S. (2022). STRATEGI SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN MADRASAH (Educational Supervisions strategy In Schools and Madrasah). Proceedings : INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC CIVILIZATION (ICONIC), 3(3), 110–119. https://www.journal.ar-raniry.ac.id/index.php/iconic/article/view/2683

Akhrani, L. A., Herani, I., Pohan, I. A., & Alhad, M. A. (2020). Kekacauan Pemilu 2019: Fenomena Firehose of falsehood dalam Relasi Sikap terhadap HOAX dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Komisi Pemilihan Umum. Jurnal Transformative, 6(1), 1–27. https://doi.org/10.21776/UB.TRANSFORMATIVE.2020.006.01.1

Anjali, M. E. C. (2017). LITERASI MEDIA SEBAGAI ALAT MENCEGAH PENYEBARAN HOAX DAN HATE SPEECH DI MEDIA SOSIAL.

Aris, M. S. (2018). Penataan Sistem Pemilihan Umum yang Berkeadilan untuk Penguatan Sistem Presidensiil Di Indonesia. Yuridika, 33(2), 290. https://doi.org/10.20473/YDK.V33I2.7379

Arumsari, N., Septina, W. E., & Saputro, I. H. (2020). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), 12–16. https://doi.org/10.15294/HARMONY.V5I1.40271

Cahyono, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Digital dan Peran Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Para Remaja. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 114–124. https://doi.org/10.37012/JIPMHT.V6I1.769

Chairunnisa, I. (2016). PERAN KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KOTA BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT TERHADAP PILPRES TAHUN 2014 DI KOTA BANDA ACEH.

Fajrulfalah, F. (2018). Peran Komisi Independen Pemilihan (KIP) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Tahun2017.

Husna, A. (2019). APATISME POLITIK PEMILIH PEMULA DAN PAPARAN DRAMA KASUS KORUPSI DI LAYAR KACA. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.35308/SOURCE.V4I2.923

Islah, K., Juardi, J., & Nasim, E. S. (2020). Sosialisasi Pemilu 2019 Untuk Pemilih Pemula Kota Depok. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.31334/JKS.V3I1.969

Jayawinangun, R., & Nugroho, D. R. (2019). Segmentasi Pemilih Pemula berdasarkan Akses Berita Politik Melalui Media Sosial di Kabupaten Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 157–164. https://doi.org/10.46937/17201926845

Komariah, K., & Kartini, D. S. (2019). Media Sosial dan Budaya Politik Generasi Milineal dalam Pemilu. ARISTO, 7(2), 228–248. https://doi.org/10.24269/ARS.V7I2.1608

Kurniawan, D. (2018). DILEMATIKA KEWENANGAN KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENYELENGGARAKAN PILKADA DAN PEMILU MENURUT UNDANG - UNDANG DASAR 1945. Nurani Hukum, 1(1), 45. https://doi.org/10.51825/NHK.V1I1.4816

Lan, T. P. A. I. (1969). KEWENANGAN DEKONSENTRASI DALAM PENYELENGGARAAN OTONOMI DAERAH DAN PERMASALAHAN PENYELENGGARAANYA* DI DAERAH. Jurnal Borneo Administrator, 4(1). https://doi.org/10.24258/JBA.V4I1.23

Lubis, L., Ridwan, R., Saleh, A., & Furbani, W. (2022). Literasi Komunikasi Warganet Generasi Milenial Di Media Sosial (Studi Kasus Warganet Di Kota Mataram). Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 4(1), 142–159. https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8695

Masril, M., & Lubis, F. W. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Penyebaran Hoax Di Kota Medan. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 6(1), 11–22. https://doi.org/10.31289/SIMBOLLIKA.V6I1.2937

Muna Nabila, Lailatussaadah, N. (n.d.). View of Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Penginventarisasian Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTSN 4 Aceh Besar. Retrieved June 20, 2023, from https://journal.yayasanputroeceudahatjeh.com/index.php/ceudahjournal/article/view/26/5

Nurhadi, N., & Sunarso, S. (2018). PERAN KIAI DALAM MEMBANGUN PARTISIPASI PEMILIH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 169. https://doi.org/10.17977/UM019V3I2P169-175

Nurmayuli, N., Patriza, M., & Ulandari, S. (2022). STRATEGI SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN MADRASAH (Educational Supervisions strategy In Schools and Madrasah). Proceedings : INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC CIVILIZATION (ICONIC), 3(3), 110–119. https://www.journal.ar-raniry.ac.id/index.php/iconic/article/view/2683

Pratiwi, A. A. M. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.47532/JIS.V3I2.179

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1), 231–237. https://doi.org/10.24912/PR.V3I1.6245

Saifuddin, S., & Kamaruddin, K. (2022). PENGARUH ROTASI KERJA, MOTIVASI KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN (KIP) ACEH. IndOmera, 2(4). https://doi.org/10.55178/IDM.V2I4.220

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Armiadi, & Nurmayuli. (2023). OPTIMALISASI PERAN KIP DENGAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PUBLIK DAN PENYELENGGARA DALAM PEMILU 2024. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.47766/atjis.v5i1.1662