PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALLAH REMBUN

Authors

  • Amhar Dany Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fatmawati Nur Hasanah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v5i2.2349

Keywords:

peran guru, meningkatkan kemampuan membaca, TPQ

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi: (1) Tindakan apa yang diambil oleh guru TPQ untuk meningkatkan motivasi membaca Al-Qur'an pada santri TPQ Al-Fallah Rembun, dan (2) Bagaimana guru TPQ mempraktikkan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan benar pada santri TPQ Al-Fallah Rembun. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala TPQ, Guru TPQ, dan santri untuk mendapatkan informasi yang relevan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Usaha yang dilakukan oleh guru TPQ untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri melibatkan langkah-langkah seperti menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan, memiliki niat yang kuat, dan menjaga disiplin dalam menuntut ilmu. (2) Peran seorang guru TPQ di TPQ Al-Fallah Rembun sangat signifikan sebagai motivator dalam proses belajar mengajar, sehingga santri mendapatkan dorongan untuk mempelajari membaca Al-Qur'an sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

References

Bahri Djamarah, Syaiful. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta 2014.

Prastowo, Andi. Memahami Metode-metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Arruz Media 2011.

Qiraati Kebumen, Korcab. Pembinaan Ta’limul Qur’an Asatidz Metode Qiraati Kabupaten Kebumen. Kebumen: Korcab Qiraati Kab. Kebumen 2000.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo Perkasa 2005.

Taufik, Imam. Strategi pembelajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan efektivitas bacaan Al-Qur'an. Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2009.

Hasil Observasi dan Wawancara

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Amhar Dany, & Fatmawati Nur Hasanah. (2023). PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALLAH REMBUN. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 5(2), 123–138. https://doi.org/10.47766/atjis.v5i2.2349