IMPLEMENTASI METODE IQRA’ DAN TAHSIN DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SUMBERSARI
Main Article Content
Widah Fauziyah
Muhammad Idris
Pahmi Muhammad Danis
Mochamad Fadlani Salam
Penelitian ini mengkaji implementasi metode Iqra’ dan Tahsin di SMP Muhammadiyah 7 Sumbersari untuk meningkatkan keterampilan membaca dan memahami Al-Qur'an. Metode Iqra’, yang merupakan pendekatan bertahap, memudahkan siswa menguasai huruf dan tajwid Al-Qur'an. Metode Tahsin berfokus pada peningkatan kualitas bacaan dengan menekankan tajwid dan tartil. Dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa metode Iqra’ efektif untuk membantu siswa baru mempelajari Al-Qur'an dengan cepat dan sistematis. Metode Tahsin secara signifikan meningkatkan kualitas bacaan siswa yang sudah mengenal huruf Al-Qur'an namun kurang memahami tajwid. Kombinasi kedua metode ini meningkatkan keterampilan teknis membaca dan menumbuhkan kecintaan serta motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur'an. Dukungan dari guru yang kompeten dan fasilitas yang memadai sangat penting untuk keberhasilan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Iqra’ dan Tahsin di SMP Muhammadiyah 7 Sumbersari efektif dan dapat dijadikan model bagi sekolah lain yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an
Depdikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Hidjanah, H., & Roshonah, A. F. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ujaran Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Qiraati (Di RA Raudhatul Muthmainnah, Cikarang Barat, Bekasi). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 47-52.
Husin, H., & Arsyad, M. (2022). Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Falah. Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits, 1(1), 16-25.
Mahmud, Y. (1990). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Cet. 12. Jakarta : Hida Karya Agung.
M. Sarbini. (2014). Pendidikan Robbani di Masa Rasulullah. Bogor: Marwah Indo Media. Hlm. 37-38.
Purnama, M. D., Maulida, A., & Sarbini, M. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Alquran Bagi Santri Usia Tamyiz Di Kuttab Al-Fatih Bantarjati Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 179-191.
Putri, S. A. A., & Pasaribu, M. (2022). Cara Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Qur’an Melalui Metode Baghdadiyah Di Kelas VIII-1 SMP Al Washliyah 30 Medan. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01), 1-8.
Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Cet.4. Jakarta: Uhamka Press.
Rusdiah, R. (2012). Konsep metode pembelajaran alquran. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Syaifullah, M. (2017). Penerapan metode an-nahdliyah Dan metode iqro’Dalam kemampuan membaca al-qur’an. Jurnal Iqra, 2(1).



