PERAN MEDIA MASSA DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT

Authors

  • Yuliza

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v2i2.1742

Keywords:

Media massa, perubahan sosial, masyarakat

Abstract

Media massa adalah salah satu faktor yang sangat berperan dalam perubahan sosial budaya masyarakat. Peran media massa dalam perubahan social budaya masyarakat selalu terkait dengan difusi inovasi, di mana perubahan didorong oleh penyebaran pengetahuan baru di masyarakat. Media massa memiliki peran dalam terjadinya perubahan sosial pada tiga aspek 1) Perubahan pola pikir masyarakat, 2) Perubahan sikap masyarakat dan 3) Perubahan budaya. media massa menjadi patokan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Dengan menggunakan kajian literature tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran media massa dan kontribusi terhadap seluruh inovasi yang berkembang di masyarakat. Peran media massa dalam pendidikan membuat perubahan dalam pola pikir dan mentalitas bangsa. Peran media massa bidang penyebaran informasi dapat merubah sikap masyarakat. Peran media massa dalam komunitas hiburan menghasilkan materi budaya. Dalam melakukan semua peran ini media massa memiliki dampak positif atau negatif sesuai dengan kesiapan orang untuk menerima sesuatu yang baru dan kebijakan massa pemilik media untuk menjalankan perannya dalam masyarakat.

References

Abdullah Khozin Afandi, 2006 Buku Penunjang Berpikir Teoritis Merancang Proposal. Surabaya: Pascasarjana IAIN Sunan Ampel.

Abdurrahman, Pengaruh Penggunaan Internet oleh Mahasiswa Terhadap Tingkat Minat Baca Mahasiswa di Perpustakaan ( Studi Kasus

MIPA UNLAM ), Jurnal pendidikan dan Teknologi Informasi, 2016.

Bertrand Alvni, L., 1980. Sosiologi, Alih bahasa Sanapiah, S. Faisal, Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Burhan Bungin, (2009). Sosiologi Komunikasi Teori, paradigm dan diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafied, 1998, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

D. Ismail, 2017, Teknologi Informasi Dan Komunikasi, , jurnal pendidikan teknologi informasi, Volume 1, Nomor 2 oktober 2017.

Dennis Mc.Quail, 2011 , Teori Komunikasi Massa McQuail, edisi 6, buku 1, Jakarta: Salemba Humanika.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

F. Damanik menjadi Masyarakat informasi JSM (Jurnal Sifo Mikroskil) Volume 13, Nomor 1, April 2012.

Hassan Shadily, 1993, Ensiklopedi Indonesia Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, hal. 37.

Liliweri, Alo. 1991. Memahami Peran Komunikasi Massa Dalam Masyarakat. Bandung: Citra Aditya Bakti.

McLuhan M & Quentin Fiore, 1967, The Medium is The Massage, New York: Bantam Books.

Mulyana, Dedi. 2001. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang Martono, 2012, Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonian, Jakarta: Rajawali Pers.

R. Rahmansari Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Komunikasi Organisasi Pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo, Jurnal Ilmiah manajemen Publik dan Kebijakan social, Volume 1 Nomor 2, 2017.

Roger, Everst M., 1985. Editor. Komunikasi Pembangunan, Perspektif Kritis, Terjemahan oleh Dosmor Nurdin, Jakarta: Penerbit LP3ES.

Selosumarjan, 1991, Perubahan Sosial di Yogyakarta, Yogyakarta: Gajah Mada University Press,

Shirley, Biagi. 2010. Media/Impact Pengantar Media Massa: Media/ Impact An Introduction to Mass Media, Jakarta: Salemba Humanik

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Yuliza. (2020). PERAN MEDIA MASSA DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 2(2), 106–120. https://doi.org/10.47766/atjis.v2i2.1742