PERAN SERTA MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN DAYAH SHAFAL ‘ULUM AL-AZIZIYAH
Main Article Content
Dinanda Minta Della
Penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam peran serta masyarakat terhadap perkembangan Dayah Shafal ‘Ulum Al-Aziziyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai peran serta masyarakat terhadap dayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat memiliki peran penting dalam menyediakan fasilitas, dana, dan pengajar yang berkualitas untuk Dayah Shafal Ulum Al-Aziziyah. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sosial dan budaya juga membantu memperkuat program pendidikan di dayah tersebut. Namun, masih ada beberapa tantangan, seperti kurangnya kesadaran dan koordinasi antara berbagai pihak di masyarakat, yang perlu diatasi untuk mempercepat perkembangan dayah ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pengelola dayah, pemerintah, dan masyarakat untuk bekerja sama lebih baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di dayah.
Arnstein, S. R. A Ladder of Citizen Participation, Journal of the American Institute of Planners 35 no. 4 (1969): 216-224.
Bourdieu, P. The Forms of Capital. In J. G. Richardson (Ed.), Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education. Greenwood Press. (1986): 241-258.
Conyers dan Diana. Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1945.
Conyers, D. Participation and Development: A Study in the Theory and Practice of Community Participation in Development Projects. Oxford University Press. (1954).
Durkheim, E. The Division of Labor in Society. Free Press. (1893).
Finawati. “Implementasi Manajemen HUMAS Di Pondok Pesantren Annasyi’in Pamekasan.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 153, https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/indexPage%7C8.
Hadi, A. Samad Usmandan Abdul. “Peran Dinas Pendidikan Dayah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dayah Di Aceh.” Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry 10, no. 1 (2021): 127–39.
Imam As-Suyuthi. (2014). Asbabun Nuzul (Sebab-sebab Turunnya Ayat Al-Qur'an). (A. Fira, Ed., A. M. Syahril, & Y. Maqasid, Trans.) Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Lasmana. “Wakaf dalam Tafsir Al-manar. Penafsiran Atas Surah Al-Baqarah ayat 261.”
Muhammad Faisal, Tabrani ZA. “Peran Seta Masyarakat Dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah.” Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019): 209–22.
Nana Syaodih Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Putnam, R. D. Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. Simon & Schuster. (2000).
Putra, Dhian Wahana. “Pesantren Dan Pemberdayaan Masyarakat (Analisis Terhadap Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019).” Moderate Islam: Research and Cultural Perspectives, 2020, 71–80. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/2909
Sen, A. Development as Freedom. Alfred A. Knopf. (1999).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2023.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Syifaul Adhimah. “Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 9, no. 1 (2020): 59.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Zimmerman, M. A., dan Rappaport, J, “Citizen Participation and Empowerment: A Developmental Perspective,” American Journal of Community Psychology 16 no. 6 (1988): 725-750



