STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH BERKEMBANG (Studi di SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe)

Authors

  • Isna Inda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v6i1.3357

Keywords:

Komunikasi, Instruksional, Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi instruksional guru Sekolah Dasar Negeri 1 Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, yang terletak di daerah berkembang. Studi kualitatif ini menggunakan metode studi kasus untuk memahami praktik komunikasi guru di kelas dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di daerah tertinggal harus beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kurang mendukung, dengan menerapkan kreativitas dan fleksibilitas dalam merancang strategi komunikasi instruksional yang efektif. Temuan ini dapat memberikan masukan berharga bagi upaya peningkatan kualitas pembelajaran di daerah-daerah terpinggirkan.

References

Efendi. “Komunikasi Interpersonal Antara Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Mempromosikan SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe.” Jurnal ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Volume 1, No. 1, Januari-Juni 2023, Hlm 1-13na : Journal Of Contemporary Islamic Education 1, no. 1 (2023): 87–108.

“Hasil Wawancara Jihan Amelia ( Salah Seorang Siswa SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe) 02 Febuari 2024,” n.d.

Husnani, Zaibi, Rollies, B. “Tantangan Guru Di Era Kekinian.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019, 348–56.

Isna Inda. “Komunikasi Guru Dalam Mengajar IPA Melalui Metode Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas V SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe.” Jurnal ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Volume 1, No. 1, Januari-Juni 2023, Hlm 1-13 1, no. 1 (2023): 1–13.

Muhammad Saleh. T. Faizin. Kamaruzzaman. “Peran Dakwah Mimbar Dalam Komunikasi Islam Dan Budaya Untuk Menangkal Radikalisme Dan Ekstremisme Agama Di Kota Lhokseumawe” 7, no. 2 (2024).

Muhammad Saleh. “Pola Komunikasi Berdaya Pada Kesejahteraan Masyarakat.” ENCOMMUNICATION: Journal of Communication Studies 1, no. 1 (2023): 32–59. https://journal.enliinstitute.com/index.php/ENCOMMUNICATION/article/view/71/8.

Muhammad Saleh & Wirdatul Jannah. “KOMUNIKASI ISLAMI DALAM REPRESENTASI KELUARGA (Analisis Semiotika Pada Film Keluarga Cemara).” AT-TABAYYUNJournal Islamic Studies 6, no. 1 (2024): 102–13. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/attabayyun/index.

Mulyana, Deddy. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Oknita. “Komunikasi Terapeutik Dalam Prespektif Alquran.” Dakwah, Liwaul Dakwah, Jurnal Kajian Volume, Masyarakat Islam Terapeutik, Unsur-Unsur Komunikasi 12, no. 2 (2022): 19–34.

Saleh, Muhammad. “Etika Komunikasi Islami ; Solusi Untuk Kesuksesan Organisasi” 14, no. 1 (2024): 2024. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/liwauldakwah/article/view/2756/1292.

Syukur Kholil. “Metodologi Penelitian Komunikasi.” Bandung: Citapustaka Media, 2006.

T.Faizin. “Perspektif Komunikasi Antar Pribadi (Perspektif Mekanistik, Psikologis, Interaksi Dan Perspektif Pragmatis).” Jurnal Al-Fikrah 4, no. 1 (2015): 2015. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2620786.

Tegor, DKK. Metodelogi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Edited by Meida Rachmawati. Klaten: Pernerbit Lakeisha, 2020.

“Wawancara Dengan Ainon Mawaddah (Guru SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe) 27 Januari 2024,” n.d.

“Wawancara Dengan Susia Nova (Guru SDN1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe) 25 Januari 2024,” n.d.

“Wawancara Dengan Wildan Fatahillah ( Sebagai Siswa SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe) 10 Febuari 2024,” n.d.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Isna Inda. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH BERKEMBANG (Studi di SDN 1 Banda Sakti Kota Lhokseumawe). At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 6(1), 91–108. https://doi.org/10.47766/atjis.v6i1.3357