Pengenalan Konsep Matematika pada Anak Usia Dini
Main Article Content
Nur Ainun Lubis
Ali Umar
Pentingnya pengenalan konsep matematika bagi anak usia dini membuat guru dan orang tua mengambil peran dalam mengajarkannya. Dalam Penelitian ini membahas bagaimana konsep-konsep dalam matematika pada anak usia dini diperkenalkan. Metode penelitian ini yaitu Metode Kualitatif yang dilaksanakan di TK Kasih Ibu Gayo Lues. Konsep-konsep yang diajarkan pada matematika usia dini antara lain: 1) Mengembangkan konsep angka pada anak, 2) Mengembangkan pola konsep dan hubungan, 3) Mengembangkan konsep hubungan geometri, 4) Mengembangkan konsep pengukuran, 5) Mengembangkan konsep pengumpulan, pengaturan dan tampilan data. Pengenalan konsep matematika pada anak usia dini diharapkan membuat anak suka dan senang melakukannya sesuai dengan tujuan mereka yaitu belajar sambil bermain.
Amalina, Amalina. 2020. “Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. raja grafindo. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/media-pembelajaran/.
Astari, Tiara, and Nunuk Chozin. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Matematika Melalui Media Saku Pintar Anak Usia 4-5 Tahun.” Semnasfip, 1–14.
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lubis, NA, et al. 2021. “Permainan Matematika Dan Sains Kreatif Bagi Anak Usia Dini Di TK IT An Najah Takengon,” 63–72.
Rachmawati. 2008. Bahan Ajar Diklat Pendidik Anak Usia Dini; Matematika Untuk Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Warmansyah, Jhoni. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 10: 99–120.
Wulansuci, Ghinta, and Euis 2019 Kurniati. 2019. “Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Tunas Siliwangi 5 (1): 38–44.