EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PADA REMAJA DI KOTA LHOKSEUMAWE

Authors

  • Yuliana Restiviani Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v6i1.3339

Keywords:

Efektivitas Komunikasi, Perilaku Menyimpang, Orang tua, Remaja

Abstract

Dalam fase perkembangan remaja, remaja sering mengalami berbagai tantangan, salah satu tantangan yang sering dihadapi remaja adalah munculnya perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang pada remaja merupakan perilaku negatif yang buruk atau sikap dan tingkah laku yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga tingkah lakunya tidak diperkenankan di masyarakat. Perilaku menyimpang pada remaja dapat berupa kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, tawuran antar pelajar atau geng, penggunaan minuman keras dan mabuk-mabukan, merokok, seks bebas dan penyimpangan sosial lainnya, demikian pula dengan remaja di Kota Lhokseumawe. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas komunikasi antarpribadi orang tua dalam mengatasi perilaku menyimpang pada remaja di Kota Lhokseumawe, teori yang digunakan adalah, teori efektivitas komunikasi berdasarkan aspek-aspek komunikasi interpersonal humanistik menurut DeVito. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengutamakan kajian pustaka (library research) dan deskriptif analitis untuk mengeksplorasi temuan atau fakta-fakta aktual berdasarkan data dan hasil observasi selama proses penelitian. Penelitian ini memperkuat referensi bahwa komunikasi antarpribadi orang tua memang telah terbukti efektif dalam mengatasi perilaku menyimpang pada remaja, termasuk pada remaja Kota Lhokseumawe. Orang tua yang mampu menjalin komunikasi yang baik dan terbuka dengan anak-anaknya cenderung dapat mendeteksi dan mengatasi perilaku menyimpang lebih dini. Empati merupakan dimensi kunci dari pencegahan perilaku menyimpang pada remaja. Empati merujuk pada kemampuan orang tua untuk memahami dan merasakan apa yang dialami oleh anak remajanya, sehingga mereka akan merasa nyaman untuk berbagi dan mencari solusi bersama-sama ketika terlibat permasalahan, dan pada akhirnya orang tua dapat lebih efektif untuk membimbing dan mencegah remaja agar tidak terlibat dalam perilaku menyimpang.

References

Agustiani, Hendriati. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama, n.d.

Ali, M, and M Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Cetakan VII. Jakarta: PT. Bumi Aksara, n.d.

Alo Liliweri. “Gatra-Gatra Komunikasi Antarbudaya.” PUSTAKA PELAJAR, 2001, 363. https://pustakapelajar.co.id/buku/gatra-gatra-komunikasi-antarbudaya/.

Bagong Suyanto., and Sutinah. “Metode Penelitian Sosial.” Buku Yang Diperuntukan Bagi Dosen Dan Mahasiswa Yang Berminat Melakukan Penelitian 123, no. 10 (2013): 2176–81. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385.

Barnes, Howard L, and David H Olson. “Parent-Adolescent Commununication and the Circumplex Model. 2, Family Development and the Child.” Child Development 56, no. 2 (n.d.): 438–447.

Harahap, Reni Agustina, and Fauzi Eka Putra. Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. Prenadamedia Group, 2019.

Kamaruzzaman. “Peran Media Dalam Melawan Etnosentrisme; Mengubah Narasi Dan Memperkuat Kesadaran Budaya.” LINTASINFORAKYAT.ID, 2024, 2024. https://lintasinforakyat.id/2024/02/24/peran-media-dalam-melawan-etnosentrisme-mengubah-narasi-dan-memperkuat-kesadaran-budaya/.

Kartono, Kartini. Patologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada, n.d.

———. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju, n.d.

Kusmiran, Eny. Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita. Jakarta: Penerbit Salemba Medika, n.d.

Liliweri, Alo. “Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya.” Cet 3 (n.d.).

Lubis, N L. Depresi Dan Tinjauan Psikologis. Jakarta: Prenada Media Group, n.d.

Moeleong. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Cet. 27 (2010): 1689–99. Bandung Remaja Rosdakarya.

Muhammad Saleh. “URGENSI KOMUNIKASI ISLAMI DALAM PEMBINAAN AKHLAK (Kajian Terhadap Tantangan Penyuluh Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Di Kota Lhokseumawe).” AT-TABAYYUNJournal Islamic Studies 5 (2023). https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/attabayyun/index%7C.

Oknita. “Komunikasi Terapeutik Dalam Prespektif Alquran.” Dakwah, Liwaul Dakwah, Jurnal Kajian Volume, Masyarakat Islam Terapeutik, Unsur-Unsur Komunikasi 12, no. 2 (2022): 19–34.

Saleh, Muhammad, Kamaruzzaman Kamaruzzaman, and Harjoni Desky. “Pengembangan Wisata Islami: Strategi Pemasaran Wisata Halal Di Bumi Syariah.” Owner 6, no. 2 (2022): 1221–38. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.767.

Suwendri, Ni Made, and Ni Ketut Sukiani. “Penyimpangan Remaja Di Perkotaan. Kulturistik, Jurnal Bahasa Dan Budaya,” n.d.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Yuliana Restiviani. (2024). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG PADA REMAJA DI KOTA LHOKSEUMAWE. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 6(1), 47–66. https://doi.org/10.47766/atjis.v6i1.3339