EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SMARTPHONE PADA GENERASI Z (GEN-Z) DI IAIN LHOKSEUMAWE

Authors

  • Oknita Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v6i1.3340

Keywords:

Efektivitas komunikasi antarpribadi, Penggunaan smartphone, Generasi Z

Abstract

Peneliti ini berjudul Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Terhadap Penggunaan Media Smartphone pada Generasi Z (Gen-Z) di IAIN Lhokseumawe yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi antarpribadi terhadap penggunaan media smartphone pada generasi Z (Gen-Z). Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan skunder. Informan penelitian terdiri dari mahasiswa IAIN Lhokseumawe yang tergolong Gen-Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika sedang berkomunikasi antarpribadi secara langsung (face to face) pada waktu yang bersamaan juga tidak dapat menghindari proses komunikasi antarpribadi melalui perantara media (smartphone). Dimana pada saat berkomunikasi, salah satu diantara keduanya komunikator atau komunikan mendapat panggilan dari smartphonenya. Hal ini tidak mengakibatkan komunikasi tidak efektif dengan ditemukan adanya karakteristik komunikasi efektif yang dikemukakan oleh Devito yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sifat positif, keseteraan. Temuan, yang perlu diperhatikan dalam komunikasi antarpribadi adalah etika berkomunikasi dengan meminta izin atau meminta maaf terlebih dahulu kepada lawan bicara untuk menerima panggilan dari smartphonenya. Setelah itu komunikasi dilanjutkan kembali. Dan fenomena komunikasi antarpribadi secara langsung sekaligus terjadi komunikasi antarpribadi secara tidak langsung (perantara smarphone) sudah menjadi kebiasaan biasa (budaya baru) yang sudah diterima dalam masyarakat.

References

Devito, Joseph A. “The Interpersonal Communication Book.” Hunter College, n.d.

Didik Dwi Prasetya. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013.

“Falsya Marchanda Wawancara Di Lhokseumawe,” n.d.

Gibran, Raihan Achmad, and Lhokseumawe. “Wawanara,” n.d.

Hafied Cangara. “Buku Pengantar Komunikasi.” PT RajaGrafindo Persada, 2009, 1. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/58756905/Resensi_Buku_Pengantar_Ilmu_Komunikasi_Cangara-libre.pdf?1554070096=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DResensi_Buku_Pengantar_Ilmu_Komunikasi_C.pdf&Expires=1683629877&Signature=YZTR10aTbbr1Moj.

“Https://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id/Jiip/Index.Php/JIIP/Article/View/566/503,” n.d. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/566/503.

ILahi, Fadhl. Fadhilah Shalat Berjamaah. Jakarta Timur: Istanbul, n.d.

Jannati, wawancara di Lhokseumawe. “No Title,” n.d.

———. “Wawancara,” n.d.

Jauhari, Fitri, and Lhokseumawe. “Wawancara,” n.d.

Kriyantono, Rachmat. “Teknik Praktis Riset Komunikasi.” Kencana Prenada Media Group,2008), 2008, 56. Jakarta.

Liliweri, Alo. “Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya.” Cet 3 (n.d.).

Morisson. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.

Mufid, Muhammad. Etika Dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group, n.d.

Muhajiir, Rina Oktaviyanthi, Ulfah Mey Lida, Nasikhin, Ahmad Muflihin, Muhamad Fatih Rusydi Syadzili, Nurul Nitasari, et al. Implementasi Dan Problematika Merdeka Belajar. Akademia Pustaka. Vol. 6, 2021.

Munir, M.Misbakul. Islamic Finance For Gen-Z; Karakter & Kesejahteraan Finansial Untuk Gen-Z Penerapan Islamic Finance Sebagai Solusi. Cv. Green Publisher, n.d.

Pallawagau, A. “The Impact of Organizational Culture, and Work Motivation on Employee Performance Through Employee Job Satisfaction PT. Kasmar Tiar Raya.” Management, Business and Social Science (IJEMBIS) Peer Reviewed-International Journal 1, no. 1 (n.d.): 11–21. https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis.

qaddaumi, Multazam Al, and Lhokseumawe. “Wawancara,” n.d.

Restiviani, Yuliana. “PROSES PEMBENTUKAN SALING PENGERTIAN PADA JIWA KOMUNIKATOR DALAM KOMUNIKASI ISLAM.” Enlekturer 1, no. 1 (2023): 37–52. https://journal.enliinstitute.com/index.php/ENLEKTURER%0APROSES.

Ridwan, Aang. Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Royanulloh, Royanulloh, and Komari Komari. “Bulan Ramadan Dan Kebahagiaan Seorang Muslim.” Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya 2, no. 2 (2019): 51–62. https://doi.org/10.15575/jpib.v2i2.5587.

Saleh, Muhammad, Maria Ulfa Batoebara, and Kamaruzzaman Kamaruzzaman. “URGENSITAS TEKNORELIGION DALAM PESAN-PESAN AGAMA MELALUI TEKNOLOGI KOMUNIKASI.” Network Media 4, no. 1 (March 2, 2021): 17–28. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i1.1142.

Sugiarto. “Komunikasi Qur’ani Bagi Penanganan Anak Pada Pornografi Di Media Sosial.” El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 3, no. 01 (2022): 24–50. https://doi.org/10.53678/elmadani.v3i01.718.

Sumakul, Nicolien Meggy, and Jimmy Lizardo. Membangun Generasi Y Dan Z Sebagai Pemimpin Muda Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, n.d.

Suryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia, n.d.

T.Faizin. “Perspektif Komunikasi Antar Pribadi (Perspektif Mekanistik, Psikologis, Interaksi Dan Perspektif Pragmatis).” Jurnal Al-Fikrah 4, no. 1 (2015): 2015. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2620786.

Tatang, S. Dinamika Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia, n.d.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Oknita. (2024). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SMARTPHONE PADA GENERASI Z (GEN-Z) DI IAIN LHOKSEUMAWE. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 6(1), 67–90. https://doi.org/10.47766/atjis.v6i1.3340