ANALISIS PSIKOLOGI KOMUNIKASI DALAM FILM KU KIRA KAU RUMAH

(Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Anak)

Authors

  • Umrata Mabruran Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v5i2.3198

Keywords:

Komunikasi, Psikologi, Film

Abstract

Komunikasi merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia, khususnya komunikasi antara orang tua anak. Komunikasi dapat diartikan sebagai interaksi antara sesama manusia untuk mendapatkan respon sehingga menghasilkan suatu perubahan. Dalam menjalin komunikasi dibutuhkan pemahaman dalam segi psikologi agar terjaganya perasaan satu sama lain. Namun, beberapa orang terlalu menyepelekan psikologis orang lain sehingga berakibat fatal. Psikologi merupakan disiplin akademik dan diterapkan dalam bentuk pembelajaran tentang pikiran, otak dan tingkah laku manusia. Psikologi ini lebih dominan untuk mencari, merumuskan serta menjelaskan tentang fungsi mental dan perilaku manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif dan kajian kepustakaan. Film “Ku Kira Kau Rumah” menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Niskala yang mengalami bipolar dan sang ayah sangat protektif terhadap kondisi putrinya. Hal itu menyebabkan Niskala semakin dalam keadaan yang sulit melewati hari-harinya. Tiba suatu hari ada seorang laki-laki yang mampu menjadi obat terbaiknya menurut niskala, tapi terhalang restu sang ayah untuk bermain dengan Pram. Hasil dari penelitian ini ialah menjaga kondisi psikologis seorang anak sangat berpengaruh besar pada pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Hal tersebut dapat dicapi dengan menjalin komunikasi yang baik dalam sebuah keluarga. Komunikasi yang baik dalam anggota keluarga akan memberikan pengaruh baik pada masa depan sang anak, menumbuhkan rasa empati serta tanggung jawab terhadap diri sendiri

References

Alex, Sobur, Semiotika Komunikasi, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Himawan, Pratista, Memahami Film Edisi Dua, (Sleman:Montase Press,2017).

https://id.wikipedia.org/wiki/Psikoanalisis

https://newfemme.co/artikel/detail/455/sinopsis-film-kukira-kau-rumah-yang-disutradarai-umay-shahab

https://pakarkomunikasi.com/teori-psikologi-komunikasi

https://www.antaranews.com/berita/3416556/psikolog-ingatkan-pentingnya-komunikasi-antara- orang-tua-dan-anak

https://www.kompas.com/hype/read/2022/06/24/083035466/sinopsis-kukira-kau-rumah-kisah-gadis-pengidap-bipolar

I Made Laut, Merta Jaya, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta:Anak Hebat Indonesia,2020).

Pohan, Desi Damayani, and Ulfi Sayyidatul Fitria. "Jenis Jenis Komunikasi." Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (2021)

Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso, and Khairul Anwar. "Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional." Jurnal Komunikasi Pendidikan 5.1 (2021).

Sari, Intan Permata, Rama W. Kusuma Wardhani, and Ahmad Syaiful Amal. "Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi." IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology 2.2 (2020).

Sukatin, Psikologi Manajemen, (Yogyakarta:Deepublish, 2021).

Zulfa, Alfaruqy Muhammad, Psikologi Komunikasi, (Semarang:Psikologo Diponegoro, 2019).

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Umrata Mabruran. (2023). ANALISIS PSIKOLOGI KOMUNIKASI DALAM FILM KU KIRA KAU RUMAH: (Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Anak). At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 5(2), 139–150. https://doi.org/10.47766/atjis.v5i2.3198