KOMUNIKASI DALAM PEMIKIRAN RICHARD WEST DAN LYNN H. TURNER UNTUK MENJADIKAN KOMUNIKASI YANG BERETIKA

Authors

  • Muhammad Aminullah IAI Al-Aziziyah

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v2i1.1729

Keywords:

Komunikasi, Pemikiran, Etika

Abstract

Penelitian ini penting untuk memahami makna komunikasi dan membuat definisi komunikasi yang lengkap. Pegangan teori komunikasi dasar mengacu pada studi teori yang dikembangkan oleh Richard West dan Lynn H. Turner, dalam buku Introducing Communication Theory: Analysis and Application. Studi teoretis ini juga dikaitkan dengan nilai-nilai Islam mereka yang melahirkan definisi komunikasi Islam. Penelitian ini menggunakan analisis isi untuk mendeskripsikan komunikasi definisi Islam. Hasil penelitian ini menemukan bahwa komunikasi adalah ekspresi yang menyampaikan ide seseorang kepada orang lain baik secara verbal maupun nonverbal untuk menjadi informasi baru dalam bentuk perubahan. Komunikasi Islam telah mengatakan al-da `wah. Al-da` wah adalah ajaran Islam yang menyampaikan gagasan kepada orang lain baik secara lisan maupun perbuatan untuk membentuk perilaku atau sifat sesuai dengan perintah dalam Islam. Model komunikasi berupa tindakan, interaksi, dan tranformasi. Komunikasi etis sangat penting untuk dipahami karena kesalahan komunikasi akan menimbulkan konflik. Komunikasi dilakukan dengan memiliki nilai-nilai etika yang mengarah pada kejujuran. Etika Komunikasi dalam Islam dituntut untuk jujur dan mengatakannya dengan benar. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang memiliki nilai etika. Komunikasi emosional dapat memengaruhi penerimaan pesan dengan benar. Dalam hal ini. Kita layak berkomunikasi bahwa komunikasi etis adalah komunikasi yang tidak memiliki emosi.

References

`Abdullah, Al-Syaikh Dawȗd, Minhaj al-`Abidin Ila Jannati Rabbi al-`Alamin, Semarang: Maktabah Sumber Keluarga, tt.

al-Ghazali, al-Imam Abi Ḫamid Muḥammad bin Muḥammad, Iḥya `Ulȗm al-Din, jild. 3, Semarang: Maktabah Karya Toha Putra, tt.

Al-Ḫamidi, Al-Syaikh Isma`il, Syaraḥ al-`Allamah al-Syaikh Ḫasan al-Kafrawi `Ala Matan al-Jarȗmiyyah, Surabaya: Al-Haramain Jaya, tt.

Al-Mas`ȗdi, Ḫafizh Ḫasan, Taisir al-Khallaq fi `Ilm al-Akhlaq, Medan: Sumber Ilmu, tt.

Al-Salami, `Abdu al-Karim bin `Ausha al-Banini, 2009. al-Sa`adah wa alḢaiyah, Makkah al-Mukarramah: Rabithah al-`Alimu al-Islam.

Al-Wa`iy, Taufik, al-Da`wah ila Allah, Mesir: Dar al-Yaqin, tt.

Isma`il, Al-Syaikh Ibrahim. 2006. Ta`lim al-Muta`allim, Surabaya: Al-Haramain Jaya.

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. 2011. Foss, Theories of Human Communication, ed. 10, USA: Waveland Press.

Muhammad Aminullah, Formula Alamin: Alamtologi Communication, Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 1 No. 4, December 2018, (www.bircujournal.com/index.php/birci).

Muhammad Aminullah, Theory of Alamin: A Formation of Universal Communication Formula, Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 1 No. 2, June 2018, (www.bircujournal.com/index.php/birci )

Ruben, Brent D dan Stewart, Lea P, 2005. Communication and Human Behaviour, USA: Pearson/Alyn and Bacon. West, Richard dan Lynn H. Turner, 2007. Introducing Communication Theory: Analisis and Application, ed. 3, New York: McGraw-Hill

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Aminullah, M. (2020). KOMUNIKASI DALAM PEMIKIRAN RICHARD WEST DAN LYNN H. TURNER UNTUK MENJADIKAN KOMUNIKASI YANG BERETIKA . At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.47766/atjis.v2i1.1729