UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU NOMOPHOBIA DIKALANGAN MAHASISWA IAIN LHOKSEUMAWE

Authors

  • Oknita Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v5i1.1769

Keywords:

Upaya, Pencegahan perilaku, Nomophobia, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya pencegahan perilaku nomophobia di kalangan mahasiswa IAIN Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi sebagai instrumen pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan teknik analisis konten untuk mengidentifikasi pola perilaku nomophobia dan faktor-faktor pemicunya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami gejala nomophobia dalam berbagai tingkatan. Faktor-faktor pemicu utama perilaku nomophobia termasuk adiksi terhadap media sosial, rasa ketergantungan pada perangkat mobile, kecemasan sosial, dan tekanan akademik. Selain itu, pola perilaku nomophobia juga berhubungan dengan gangguan tidur dan penurunan kinerja akademik. Berdasarkan temuan tersebut, upaya pencegahan perilaku nomophobia dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan. Pertama, perguruan tinggi perlu menyediakan program edukasi tentang penggunaan yang bijaksana dan sehat terhadap perangkat mobile serta risiko nomophobia. Kedua, dukungan psikologis dan layanan konseling harus disediakan bagi mahasiswa yang sudah menunjukkan gejala nomophobia. Ketiga, promosi gaya hidup sehat dan seimbang harus diadopsi dalam lingkungan kampus, termasuk mengenai manfaat interaksi sosial tanpa ketergantungan pada perangkat.

References

Didik Dwi Prasetya. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013.

Irwan. Etika Dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: CV. Absolute Media, 2018.

Kemp, Simon. “Digital Report Indonesia 2020.” Datareportal, 2021.

Kholil, Syukur. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Citapustaka Media, 2006.

Marcella Laurens, Joyce. Arsitektur & Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Grasindo, 2005.

Morisson. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.

Muhammad Saleh. “POLA KOMUNIKASI BERDAYA PADA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.” ENCOMMUNICATION: Journal of Communication Studies 1, no. 1 (2023): 32–59. https://journal.enliinstitute.com/index.php/ENCOMMUNICATION/article/view/71/8.

Mulyadi. Antara Teknologi & Teologi. Depok: Rajawali Press, 2020.

Rahayuningrum, Dwi Christina, and Annisa Novita Sary. “Studi Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap No-Mobile Phone (Nomophobia).” JURNAL Keperawatan 1, no. 2 (2019): 49–55.

Ridwan, Aang. Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Subagijo, Azimah. Diet & Detoks Gadget. Jakarta: Noura Books, 2000.

Tripa, Sulaiman. Mari Hidup Sehat. Banda Aceh: Bandar Publishing, 2019.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Oknita. (2023). UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU NOMOPHOBIA DIKALANGAN MAHASISWA IAIN LHOKSEUMAWE. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 5(1), 73–92. https://doi.org/10.47766/atjis.v5i1.1769