PENTINGNYA MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI ISLAMI; STUDI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

Authors

  • Oknita Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v4i2.1649

Keywords:

MEDIA BARU, KOMUNIKASI ISLAMI, KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

Abstract

Penelitian berjenis kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk deskriptif yang merupakan hasil dari wawancara dan observasi. Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber primer merupakan sumber data pokok yang dapat diperoleh langsung dari objek penelitian. Sementara sumber data skunder adalah sumber data penunjang yang terkait dengan masalah penelitian. Sumber data pada penelitian ini ialah remaja putra dan Putri yang ada di Kota Lhokseumawe dengan jumlah sepuluh orang. Kemudian data skunder merupakan Para orang tua yang ada di Kota Lhokseumawe dengan jumlah lima orang. Teknis pengumpulan data penelitian ini dilakukan wawancara, observasi dengan teknik analisis data secara reduksi data dan penyajian data. Sedangkan teknik keabsahan data penelitian ini dilakukan trianggulasi dengan sumber data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh yang dilahirkan media HP (handphone) terhadap para penggunakan Ponsel. Melihat dampak positif dan negatif di kalangan remaja. Dalam tulisan ini penulis menggunakan teori Interpesonal Communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kejanggalan remaja dalam menggunakan ponselnya yang tidak selayaknya digunakan. Pada sisi penggunaan remaja menggunakan ponsel tanpa Standar Operasional Prosudur (SOP) sebagai petunjuk awal dalam proses penggunaaan. Akhirnya dampak negatif yang diakibatkan oleh ponsel tersebut tidak akan di ketahui seluruhnya, baik akibat tidak baik secara finansial maupun akhlak.

References

Ahmad, Amar. ‘Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Kesenjangan Informasi: Akar Informasi Dan Berbagai Standarnya’. Jurnal Dakwah Tabligh 13, no. 1 2012

Alfiansyah, Nazaruddin Muhammad. ‘Etika Komunikasi Islami Di Media Sosial Dalam Perspektif Alquran Dan Pengaruhnya Terhadap KEUTUHAN NEGARA’. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam 4, no. 1 2021

Ananda, Muhammad Rezky. ‘Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19’. 2021

Batubara, Maria Ulfa, Lahmuddiin Lubis, and Syukur Kholil. ‘Islamic Communication Pattern of Judges in Dealing Conflict of Muslim Families in the Religious Court Medan’. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences 2, no. 1 2019

Daeng, Intan Trivena Maria, N.N Mewengkang, and Edmon R Kalesaran. ‘Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado Oleh’. E-Journal “Acta Diurna” 6, no. 1 2017

Handayani, Meni. ‘Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk the Role of Interpersonal Communication in Family To’. JIV-Jurnal Ilmiah Visi 11, no. 1 2016

Indrawan, Jerry, and Anwar Ilmar. ‘Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik’. Medium 8, no. 1 2018

Kogoya, Dekinus. ‘Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat (Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua’. E-Journal “Acta Diurna” 04, no. 04 2015

Lubis, Dina Artika. ‘Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Dengan Motivasi Kerja Karyawan PT MMT’. Jurnal Komunikologi 3, no. 2 2006

Muhaemin, Enjang. ‘Dakwah Digital Akademisi Dakwah’. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 11, no. 2 2017

Mustofa, Muhamad Bisri, Siti Wuryan, and Rosidi. ‘Urgensi Komunikasi Interpersonal Dalam Al-Qur’an Sebagai Pustakawan’. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya 11, no. 2 2020

Saleh, M, … MU Batoebara - Network, and undefined 2021. ‘Urgensitas Teknoreligion dalam pesan-pesan agama melalui teknologi Komunikasi’. Jurnal.Dharmawangsa.Ac.Id. Accessed 2021

‘Teori Komunikaisi Interpersonal 1’, n.d.Wijaya, Ida Suryani. ‘Komunikasi Interpersonal dan iklim Komunikasi dalam organisasi’. jurnal dakwah tabligh 14, no. 1 2013

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Oknita. (2022). PENTINGNYA MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI ISLAMI; STUDI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI. At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 4(2), 165–188. https://doi.org/10.47766/atjis.v4i2.1649