About the Journal
AHDAF: Jurnal Pendidikan Agama Islam | e-ISSN 2987-2812 diterbitkan dua kali dalam setahun (Februari dan Agustus) oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Islam, IAIN Lhokseumawe. Jurnal ini meliput kajian Pendidikan Islam yang bertujuan memuat gagasan, hasil penelitian pendidikan, sosial, dan keagamaan. Jurnal ini menerbitkan penelitian empiris dan teoretis berkualitas tinggi yang mencakup semua aspek Pendidikan Islam di semua satuan pendidikan Islam yang meliputi: 1) strategi pembelajaran pendidikan Islam, 2) pengembangan kurikulum pendidikan Islam, 3) implementasi kurikulum pendidikan Islam, 4) pembelajaran pengembangan media dan sumber daya pendidikan Islam, 5) evaluasi pembelajaran pendidikan Islam, 6) praktik pembelajaran pendidikan Islam, 7) pendidikan inklusif dalam pendidikan Islam, dan 8) penelitian tindakan dalam pendidikan Islam.
Vol. 3 No. 2 (2025): AHDAF: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published: 2025-08-31
The August 2025 edition of AHDAF: Jurnal Pendidikan Agama Islam features five selected articles that address contemporary developments in Islamic education. The discussions include the formulation of Islamic education curricula based on principles and values, as well as the prophetic leadership model presented in Nūrul Mubīn by KH. Hasyim Asy‘ari, teachers’ strategies in shaping students’ character within pesantren education, the adaptive transformation of Islamic Education teachers’ professionalism in the digital era, and the consistency of inclusive education practices in Madrasah Diniyah Takmiliyah. Collectively, these studies offer significant insights into strengthening values-based leadership, pedagogical innovation, and inclusive practices in Islamic educational contexts.
Articles
Formulasi Kurikulum Pendidikan Islam: Prinsip, Nilai, dan Implementasi pada Lembaga Pendidikan
Abdul Afwu Godly Prayitno, Mahmud Arif
Formulasi Kurikulum Pendidikan Islam: Prinsip, Nilai, dan Implementasi pada Lembaga Pendidikan
Abdul Afwu Godly Prayitno, Mahmud Arif
Abstract view:
40
Article download:
20
Page:
74-86
Implementasi Nilai Kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. dalam Pendidikan Islam: Kajian Kitab Nūrul Mubīn
Renaldi Habib Baskara, Imam Sopingi, Athi’ Hidayati
Implementasi Nilai Kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. dalam Pendidikan Islam: Kajian Kitab Nūrul Mubīn
Renaldi Habib Baskara, Imam Sopingi, Athi’ Hidayati
Abstract view:
25
Article download:
22
Page:
87-101
Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Santri Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Jabal Nur Aceh Utara
Mauliani Mauliani, Musdar Musdar
Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Santri Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Jabal Nur Aceh Utara
Mauliani Mauliani, Musdar Musdar
Abstract view:
32
Article download:
15
Page:
102-112
Transformasi Profesionalisme Guru PAI di Era Digital: Strategi Adaptif Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad 21
Diana Diana, Muhammad Hasbi Abdul Rahman
Transformasi Profesionalisme Guru PAI di Era Digital: Strategi Adaptif Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad 21
Diana Diana, Muhammad Hasbi Abdul Rahman
Abstract view:
47
Article download:
24
Page:
113-122
Inclusive Education Based on Islamic Values: A Case Study at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Syamtalira Aron, North Aceh
Fathin Isnani, Dewi Astuti, Muhammad Rizky Azdillah, Ayesha Fakhar Naeem
Inclusive Education Based on Islamic Values: A Case Study at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Syamtalira Aron, North Aceh
Fathin Isnani, Dewi Astuti, Muhammad Rizky Azdillah, Ayesha Fakhar Naeem
Abstract view:
69
Article download:
29
Page:
123-136








