GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PEMBENTUKAN CITRA DIRI PADA MASYARAKAT MILLENNIAL DI KOTA LANGSA

Authors

  • Kusmahyuni

DOI:

https://doi.org/10.47766/atjis.v2i2.1741

Keywords:

Gaya Hidup Konsumtif, Pembentukan Citra Diri, Masyarakat Millennial

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis gaya hidup konsumtif pada masyarakat  millennial di Kota Langsa serta menganalisis gaya hidup konsumtif dan pembentukan citra diri pada masyarakat millennial di Kota Langsa. Penelitian lapangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian tentang fenomena gaya hidup konsumtif dan pembentukan citra diri pada masyarakat millennial di Kota Langsa. Pengambilan sampel penelitian mengambil teknik sampel bertujuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ditemukan gaya hidup konsumtif pada masyarakat millennial di Kota Langsa serta gaya hidup konsumtif dan pembentukan citra diri yang saling mempengaruhi antara keduanya.

References

Rani Usman. 2009. Etnis Cina Perantauan di Aceh. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Alex Sobur. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2013.

Aulia Feriza. 2018. Statistik Daerah Kota Langsa 2018. Langsa: Badan Pusat Statistik Kota Langsa.

Burhan Bungin. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Deddy Mulyana. 2004. Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Deddy Mulyana. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Harjono. 2014. Gaya Hidup Mandiri. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasanuddin Ali dan Lilik Purwadi. 2017. Millennial Nusantara Pahami Karakternya Rebut Simpatinya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Helmi Musada. 2006. Dasar-Dasar Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indah Bidiati, dkk. 2018. Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Millennial Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Jalaluddin Rakhmat. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Julia T. Wood. 2012. Komunikasi Teori dan Praktek (Komunikasi dalam Kehidupan Kita. Jakarta: Salemba Humanika.

Lusiana Andriani Lubis. 2016. Pemahaman Praktis Komunikasi Antarbudaya. Medan: USU Press.

Malika Sutrisno. 2008. Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Morissan. 2013. Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nina Winangsih. 2013. Model-Model Komunikasi: Perspektif Pohon-Pohon Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Onong Uchyana Effendy. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmat Kriyantono. 2006. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosalia. 2017. Social Dudgement Theory (Teori Penilaian Sosial). Dokumen Universitas Mercubuana Yogyakarta.

Seksi Statistik Sosial. 2018. Indeks Pembangunan Manusia Kota Langsa 2010-2017. Langsa: Badan Pusat Statistik Kota Langsa.

Suranto AW. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syaiful Rohim. 2009. Teori Komunikasi Perspektif Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

W.A. Gerungan. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Kusmahyuni. (2020). GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PEMBENTUKAN CITRA DIRI PADA MASYARAKAT MILLENNIAL DI KOTA LANGSA . At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies, 2(2), 77–91. https://doi.org/10.47766/atjis.v2i2.1741