Efektivitas Evaluasi Menggunakan Penskoran Bentuk Pilihan Ganda pada Pembelajaran Akidah di SD IT Diana As Saffa Islamic Kota Lhokseumawe

Authors

  • Nuratul Ulya SD IT As Saffa
  • Nia Wardhani IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/pase.v3i1.3345

Keywords:

Penskoran, Pilihan Ganda, PAI, Evaluasi

Abstract

cara mengetahui siswa memahami pembelajaran tentu diperlukan evaluasi, dan evaluasi menggunakan penskoran dalam bentuk pilihan ganda pada pembelajaran akidah terkadang kurang efesien karena ketika siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, siswa cukup hanya dengan memilih salah satu dari pilihan jawaban yang tersedia sehingga bisa jadi sebuah peluang benar jika siswa memilih jawaban yang benar. Selain itu, guru juga harus memiliki pedoman penskoran dalam menentukan skor. Namun, tidak semua guru memahami dan membuat pedoman penskoran dalam evaluasi bentuk pilihan ganda. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui efektivitas penskoran bentuk pilihan ganda terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran akidah di SD IT Diana As Saffa Islamic Kota Lhokseumawe. 2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan penskoran bentuk pilihan ganda dalam evaluasi pembelajaran akidah. Penelitian dilakukan berbasis field research dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD IT Diana As saffa Islamic adalah salah satu sekolah yang mengevaluasi dengan menggunakan soal pilihan ganda khususnya mata pelajaran Aqidah. Evaluasi bentuk pilihan ganda efektiv dalam mengevaluasi pemahaman siswa. Kendala dalam penskoran bentuk pilihan ganda di SD IT Diana adalah guru membutuhkan persiapan yang lebih dan kurangnya pemahaman guru dalam membuat pedoman pesnkoran bentuk pilihan ganda.

References

Agustanico Dwi Muryadi, “Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi” 3, no. 1 (2017).

Alwia Samaduri, “Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda, ”Jurnal Pendidikan Glasser 6,no.1 (2022).

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, Cet.1, Jakarta: Kencana, 2009.

Djali dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 2008.

Khaerudin, “Teknik Penskoran Tes Obyektif Model Pilihan Ganda. Jurnal Madaniyah. Vol 2,” Jurnal Madaniyah Volume 2, no. (2016).

LexyJ. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Mochamad Zaenal Muttaqin, “Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Tertulis Bentuk Uraian untuk Pembelajaran PAI Berbasis Masalah Materi Fiqh” (2017).

Muhammad Siddiq Sawaluddin, “Langkah-Langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam” 6, no. 1 (2020).

Mujianto Solichin, “Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan,” Dirasat: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam 2, no. 2

Pase: Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 3, No. 1 (2024)

PASE: Journal of Contemporary Islamic Education | 76 Vol. 3, No. 1 (2024)

(2017).

Saifuddin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar,1998.

Slamet Slamet and Samsul Maarif, “Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda Dengan Reward Dan Punishment Score Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA,”Infinity Journal 3,no.1(2014).

Sutrisno, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sugiono, ”Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D”,Cet.19, Bandung: Alfabeta, 2013.

Tom Kubiszyn and Gary Borich, Ieducational Testing and Measurement Classroom Practice, Denver, John Wiley & Sons, Inc: 2007.

Downloads

Published

2024-06-28