Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Instrumen Penilaian Ranah Afektif di Madrasah Aliyah Syamsuddhuha Dewantara, Aceh Utara

Authors

  • Khadijah Razali Abdullah Pesantren Terpadu Almadinatuddiniyyah Syamsuddhuha Cot Murong, Dewantara, Aceh Utara
  • Yusnaini IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/pase.v3i1.2478

Keywords:

Kemampuan Guru PAI, Instrumen Penilaian, Penilaian Ranah Afektif

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan guru PAI dalam menyusun Instrumen penilaian ranah afektif di Madrasah Aliyah Syamsuddhuha Dewantara, Aceh Utara. Penelitian inimerupakan penelitian field research dengan menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru PAI Madrasah Aliyah Syamsuddhuha. Sumber data sekunder penulis menelaah beberapa dokumen. Baik dokumen yang langsung penulis peroleh dari Madrasah Aliyah Syamsuddhuha maupun dokumen bacaan lainnya yang menurut hemat penulis ada kaitannya dengan penelitian yang sedang penulis teliti. Hasil dari penelitian ini adalah ke 7 orang guru PAI di Madrasah Aliyah Syamsuddhuha memahami serta mampu menyusun Instrument penilaian ranah afektif. Bahkan secara kompak keseluruhan guru saling membantu dalam membuat dan mengembangkan instrument penilaian ranah afektif. Instrumen penilaian di buat dengan beberapa macam kategori berupa, skala sikap, angket, lembaran wawancara dan lain sebagainya. Instrumen penilaian ranah afektif bahkan dikembangkan secara bersama-sama, tentu saja hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan hasil penilaian yang akurat dan autentik sehingga bisa menjadi pedoman bagi guru untuk kemudian bisa menentukan prestasi peserta didik dan hasil akhir yang diperoleh dapat dibuktikan jika dibutuhkan dikemudian hari.

References

Hatta Fakhrurrozi, (2018), Standar Penilaian Aspek Psikomotorik Pendidikan Agama Islam, Jurnal Paedagogia, 7 (1).

Ismanto, (2014), Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurnal Edukasi Penelitian Pendidikan Islam, 2 (9).

Ismet Basuki dan Hariyanto, (2016), Asesmen Pembelajaran, Bandung: RemajaRosdakarya.

Kementerian Agama RI, (2020), Al-Qur’an dan Tafsirnya, (Edisi yang Disempurnakan) Jilid I, Jakarta: Lentera Abadi.

Muhammad Husni, (2028), Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas Melalui Supervisi Klinis di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Fitrah Kota Kupang, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3 (2).

Nana Sudjana, (2026), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Rosdikarya.

Noor Hafidhoh dan Muhammad Rizal Rifa’i, (2021), Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 di MI, Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4 (1).

Subali,(2012),Prinsip&Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: UNY Press.

Sukanti, (2020), Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, IX (1).

Sukiman, (2011), Pengembangan Sistem Evaluasi, Yogyakarta: Insan Madani

Downloads

Published

2024-06-28