Inovasi Bahan Ajar Audio Visual berbentuk Animasi dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Fonna Mikamahuly Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/pase.v2i1.1672

Keywords:

Bahan Ajar, Audio Visual, Animasi, Pembelajaran PAI

Abstract

Fakta dunia pendidikan saat ini terlihat begitu banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam belajar. Ini adalah akibat dari kurangnya keinginan untuk belajar dan hasil belajar yang buruk. Siswa mengeluh tentang metode pembelajaran yang digunakan. Tentu saja dapat dilihat dari hasil evaluasi dan proses pendidikan dan pembelajaran yang belum mencapai tingkat keberhasilan yang cukup. Siswa akan menjadi kebingungan dan sulit memahami pelajaran jika kegiatan pembelajarannya monoton. Dan ini telah berlangsung lama. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konsep dasar bahan ajar audio visual berbantuk animasi dan pengembangannya dalam pembelajaran PAI. Melalui penelitian kepustakaan (library research) diketahui bahwa ahli media dan ahli materi pembelajaransangat yakin jika..animasi..merupakan..media…yang..sangat..efektif dalam pembelajaran..Pendidikan..Agama..Islam. Dengan penggunaan Animasi dalam pembelajaran, Siswa akan tetap fokus sehingga materi yang disampaikan terserap dengan baik berdasarkan tujuan pembelajaran yang ditentukan. Melalui media animasi, akan  meningkatkan pemahaman siswa, motivasi, dan hasil belajar yang lebih optimal. Tak hanya itu, efesiensi waktu dan energi guru akan terjaga. Jika digunakan dalam pelajaran pendidikan agama Islam, pasti akan membantu siswa menyerap materi dan peningkatan pemahaman yang mendalam, sehingga pembelajaran relevan dengan tujuan yang hendak dicapai.

References

Akbar Iskandar dkk, Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Angga Firmansyah, Mei P. Kurniawan, Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame By Frame Berjudul “Kancil dan Siput, Jurnal Ilmiah DASI Vol. 14 No. 04 Desember 2013.

Ayu Rifka Sitoresmi, Animasi Adalah Gambar Bergerak, Ketahui Fungsi dan Macam-Macamnya, dalam https://bit.ly/3BvXtWr. Diakses pada Rabu, 17 Mei 2023.

Bambi Bambang Gunawan,Nganimasi Bareng Mas Be!, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.

Carlo Marcelino, dkk, Perancangan Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4 Tahun, Jurnal DKV Adiwarna, Vol 1, No. 10, 2017.

Dewi Immaniar Desrianti, et. al, Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran Agama Islam, Creative Communication and Innovative Technology Journal, Vol. 12, No. 1, 2019.

Elly Herliyani, Animasi Dua Dimensi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016.

Kadek Sukiyasa, Sukoco, Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3 No. 1 Februari 2013.

Komang Sukarini, Ida Bagus Surya Manuaba, Video Animasi Pempelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar, Jurnal Edutech Undiksha, Vol. 6 No. 1 Tahun 2021.

Laily Rahmayanti, Farida Istianah, Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se Gugus Sukodono Sidoarjo, JPGSD, Vol. 06 No. 04 Tahun 2018.

Margareta Widiyasanti, Yulia Ayriza, Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 1, April 2018.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Rosdakarya, 2002.

Mukhammad Nurzadi Risata, Hata Maulana, Penerapan Animasi dan Sinematografi dalam Film Animasi Stopmotion “ Jendral Soedirman ”, Jurnal Multinetics, Vol. 2 No. 2 November 2016.

Munir, Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

Nadya, Yulia Purnama Sari, Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Grey and Jingga : The Twilight Animated Series Episode 1, Jurnal Titik Imaji, Vol. 2 No. 2 Oktober 2019.

Ni Made Liana Candra Dewi dan I Gusti Agung Oka Negara, Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V, Jurnal Edutech Undiksha, Vol. 8 No. 1 Tahun 2021.

Nuradi, dkk, Kamus Istilah Periklanan Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996.

Priyanto Hidayatullah, Amarullah Akbar, Zaky Rahim, Animasi Pendidikan Menggunakan Flash, Bandung: Informatika Bandung, 2011.

Smaldino, Lowther, dkk, Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman), Jakarta: Kencana, 2011.

Tonni Limbong, Janner Simarmata, Media dan Multimedia Pembelajaran : Teori dan Praktik, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Downloads

Published

2023-06-26