Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Santri di Lhokseumawe

Authors

  • Maya Safitri IAIN Lhokseumawe
  • Nurul Jeumpa Universitas Muhammadiyah Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.47766/pase.v2i1.1780

Keywords:

Keywords: Motivation to learn, Teacher's role, Qur'an

Abstract

Abstrak: Guru PAI sangatlah berperan aktif dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri,  tetapi tak jarang juga guru terkendala oleh minat belajar santri yang kurang dan  kedisiplinan santri. Sehingga guru harus memaksimalkan perannya sebagai  pemberi motivasi. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan, mengetahui metode serta menemukan kendala  yang dihadapi guru mengaji dalam motivasi belajar Al-Qur’an  pada santri. Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan  menggunakan metodefield research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,  Peran guru dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada santri adalah  pengaktif santri dalam kegiatan belajar mengajar, pencipta suasana kelas yang  kondusif, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, peningkat antusias, pemberi reward.Metode guru dalam  meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu metode pemberian reward seperti pemberian hadiah berupa pulpen,  snack dan  pemberian nilai serta pemberian hukuman edukatif seperti menyetor hafalan surah pendek dan mengerjakan tugas. Adapun kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu sikap yang kurang baik, minat  belajar yang kurang, daya serap santri yang kurang baik, dan kurangnya disiplin  santri.

 

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul WahhabKhallaf,IlmuUshulFikh. PenerjemahHalimuddi, Jakarta: Rineka Cipta,2005

Abdulrahman, Mamsudi. Panduan Manajemen dan Tata Tertib TK/TP AlQur’an,Cet. X; Jakarta : LPPTKA BKPRMI Pusat, 2013.

Abu Ahmadi, PsikologiSosial, Surabaya: Bina Ilmu, 1982

Aidul Fitri Peran Guru Pendidikan Agama Islam(PAI) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Madat,IAIN Lhokseumawe, 2012.

Anas Sudijono, PengantarStatistik Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Andi Rosa, TafsirKontemporer, Banten: Depdikbud Banten Press, 2015

Anshori, Ulumul Quran, Jakarta: Rajawali Press, 2013

Basyiruddin Usman, Metode Pembelajaran Agama Islam, Jakarta : Ciputat Press, 2002

Cece Wijaya, dkk, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Pembaharuan Dan Pengajaran, Bandung:Remaja Rosdakarya,1992

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995

Departement Pendidikan Nasional Balaipustaka, KamusBesar IndonesiaEdisiKetiga, Jakarta: BalaiPoustaka, 2002

Dimyati Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2006

Djama’an Satori dkk, MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung:Alfabeta, 2010

Fitria Nur Bayti, Peran Guru Agama Islam DalamMeningkatkanKemampuanMembaca Al-Qur’an Siswa Kelas Iii Mi Sananul Ula Piyungan Bantul, Universitas Islam Negeri SunanKalijaga Yogyakarta, 2012.

FJ Maks A. MP. Knois, Siti RahayuHaditono, PsikologiPerkembangan, PengantarDalamBerbagaiBagiannya, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2002

Lexy. J. Moleong, MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung: RemajaRosdakarya, 2000

M. NgalimPurwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan PraktisBandung: RemajaRosdakarya, 1988

M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1996

Masyuni Weka HeriSetiawan Peran Guru PAI DalamMeningkatkanMotivasiBelajarSiswa SD Negeri 134 KalumpangKecamatanBontotiroKabupatenBulukumba, UIN AlauddinMakasar 2017

Masyur Djalal, Ulumul Qur’an.Jakarta: Bulan Bintang, 2000

Moh Uzer Utsman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Mohammad Ali dan Muhammad Asrori, Metododlogi&AplikasiRiset Pendidikan, cet 2Jakarta: BumiAksara, 2014

MuhabbinSyah. PsikologiBelajar. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada. 2006.

Mulyasa,E.MenjadiGuruprofesional,Bandung:PT.RemajaRosdakarya.2008.

Muhaimindkk, Strategi BelajarMengajarSurabaya: Citra Media, 1996

Muhaimin, PengembanganKurikulum Pendidikan Agama Islam Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2005

Muhammad Faisal Haq 2012 Peran Guru DalamMeningkatkanMotivasiBelajarSiswa Pada Mata Pelajaran AlquranHadits Kelas 3 di MI YaspuriMulyorejo Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2013

Muhammad MuntahibunNafis, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2011.

MuhibbinSyah, PsikologiBelajar, Jakarta: Logos, 1999.

Nur, Syamsiara, dkk, Efektivitas Model PBL terhadap Hasil BelajarMahasiswaProdi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. JurnalSaintifik,vl.2,No.2,(2016):133-41.https://media.neliti.com/media/publications/240452-efektivitas-model-problem-based-learning-2dd31bd6.pdf.

Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Ramly Maha, Psikologi Pendidikan, Banda Aceh: Ratha, 2002

Riduwan, Skala PengukuranVariabel-Variabel, Bandung: Alfabeta, 2010

RisnaMawarni, Peran Guru DalamMeningkatkanKemampuan Anak DalamMembaca Al-Qur’an di BalaiPengaajianMiftahul Huda GampongPusong Lama, IAIN Lhokseumawe, 2021.

Rusman,Model-ModelPembelajaranMengembangkanProfesionalGuru,Jakarta:Rajawali Pers, 2012.

Safrida, Mira, Penerapan Model Pembelajaran PBL untukMneingkatkan HasilBelajar IPA Kelas V SD Negeri PeureumeueKecamatanKaway XVI,JurnalBinaGogik,Vol.7,No.1,(2020):53-65.https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/download/433/381.dikasespada30 Mei 2022

Sahabuddin.MengajardanBelajarDuaAspekDariSuatuProsesYangDisebutPendidika),Cet.III;Makassar:BadanPenerbitUNM.2007.

Sanapiah Faisal, Format-format Penelitian social Cet. VI, Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2003

Sarlito W. Sarwonodkk, PsikologiSosial, Jakarta: SalembaHumanika, 2009

Satmoko. PsikologiBelajar TIM Pengembangan MKDK IKIP Semarang, Cet.II; Semarang: IKIP Semarang Press, 1990.

Satria Efendi dan Muhammad Zein, UshulFigh, Jakarta:Kencana, 2008

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: RinekaCipta, 2003

Sockanto, Soerjono, TeoriPeranan, Jakarta: BumiAksara, 2002

SoerjonoSoekanto, SosiologiSuatuPengantar, Jakarta: Rajawali Press, 2012

Sugiyono,MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdanR&D,Bandung:Alfabeta,2011

Sutopo, MetodologiPenelitianKualitatif, Surakarta: SebelasMaret University Press, 2002

SyaifulBahriDjamarah, Guru dan Anak DidikdalamInteraksiEdukatif, Jakarta: RinekaCipta, 2000

SyaifulSagala, Konsep dan MaknaPembelajaran, Bandung:Alfabeta, 2003

SyamsuddinA.R, dkk Metodepenelitianpendidikanbahasa, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006

TabraniRusyan, Pendekatandalam Proses BelajarMengajar, Bandung: RemajaRosdaKarya, 1989

Tadjab, Ilmu Jiwa Pendidikan, Surabaaya : Abditama, 1994

UU RI No. 14 Thn 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: SinarGrafika, 2014

W.J.S. Poerwodarminto, KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1984

W.S. Winkel, Psikologi Pendidikan dan EvaluasiBelajar Cet. I: Jakarta: Gramedia, 1983.

Yulianti,Evadkk,PengaruhModelPembelajaranPBLterhadapKemampuanBerpikirAnalitisSiswa SMA Negeri 2 Bayuasin 1. JurnalSwarnabhumi,Vol.3, No. 2, (2018.)

Yuwono, GalihRinekso, WidhaSunarno, And Nonoh Siti Aminah. “PengaruhKemampuanBerpikirAnalitisPadaPembelajaranBerbasisMasalah(Pbl) Terhadap Hasil BelajarRanahPengetahuan.” Edusains12, No. 1(November2020):106–12.Https://Doi.Org/10.15408/Es.V12i1.11659.

ZakiahDaradjat, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: BumiAngkasa, 1984

Downloads

Published

2023-06-26