Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Santri di Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v2i1.1780Keywords:
Keywords: Motivation to learn, Teacher's role, Qur'anAbstract
Abstrak: Guru PAI sangatlah berperan aktif dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri, tetapi tak jarang juga guru terkendala oleh minat belajar santri yang kurang dan kedisiplinan santri. Sehingga guru harus memaksimalkan perannya sebagai pemberi motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, mengetahui metode serta menemukan kendala yang dihadapi guru mengaji dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodefield research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Peran guru dalam motivasi belajar Al-Qur’an pada santri adalah pengaktif santri dalam kegiatan belajar mengajar, pencipta suasana kelas yang kondusif, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, peningkat antusias, pemberi reward.Metode guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu metode pemberian reward seperti pemberian hadiah berupa pulpen, snack dan pemberian nilai serta pemberian hukuman edukatif seperti menyetor hafalan surah pendek dan mengerjakan tugas. Adapun kendala guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada santri yaitu sikap yang kurang baik, minat belajar yang kurang, daya serap santri yang kurang baik, dan kurangnya disiplin santri.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdul WahhabKhallaf,IlmuUshulFikh. PenerjemahHalimuddi, Jakarta: Rineka Cipta,2005
Abdulrahman, Mamsudi. Panduan Manajemen dan Tata Tertib TK/TP AlQur’an,Cet. X; Jakarta : LPPTKA BKPRMI Pusat, 2013.
Abu Ahmadi, PsikologiSosial, Surabaya: Bina Ilmu, 1982
Aidul Fitri Peran Guru Pendidikan Agama Islam(PAI) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Madat,IAIN Lhokseumawe, 2012.
Anas Sudijono, PengantarStatistik Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers, 2010
Andi Rosa, TafsirKontemporer, Banten: Depdikbud Banten Press, 2015
Anshori, Ulumul Quran, Jakarta: Rajawali Press, 2013
Basyiruddin Usman, Metode Pembelajaran Agama Islam, Jakarta : Ciputat Press, 2002
Cece Wijaya, dkk, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Pembaharuan Dan Pengajaran, Bandung:Remaja Rosdakarya,1992
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995
Departement Pendidikan Nasional Balaipustaka, KamusBesar IndonesiaEdisiKetiga, Jakarta: BalaiPoustaka, 2002
Dimyati Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2006
Djama’an Satori dkk, MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung:Alfabeta, 2010
Fitria Nur Bayti, Peran Guru Agama Islam DalamMeningkatkanKemampuanMembaca Al-Qur’an Siswa Kelas Iii Mi Sananul Ula Piyungan Bantul, Universitas Islam Negeri SunanKalijaga Yogyakarta, 2012.
FJ Maks A. MP. Knois, Siti RahayuHaditono, PsikologiPerkembangan, PengantarDalamBerbagaiBagiannya, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2002
Lexy. J. Moleong, MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung: RemajaRosdakarya, 2000
M. NgalimPurwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan PraktisBandung: RemajaRosdakarya, 1988
M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1996
Masyuni Weka HeriSetiawan Peran Guru PAI DalamMeningkatkanMotivasiBelajarSiswa SD Negeri 134 KalumpangKecamatanBontotiroKabupatenBulukumba, UIN AlauddinMakasar 2017
Masyur Djalal, Ulumul Qur’an.Jakarta: Bulan Bintang, 2000
Moh Uzer Utsman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
Mohammad Ali dan Muhammad Asrori, Metododlogi&AplikasiRiset Pendidikan, cet 2Jakarta: BumiAksara, 2014
MuhabbinSyah. PsikologiBelajar. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada. 2006.
Mulyasa,E.MenjadiGuruprofesional,Bandung:PT.RemajaRosdakarya.2008.
Muhaimindkk, Strategi BelajarMengajarSurabaya: Citra Media, 1996
Muhaimin, PengembanganKurikulum Pendidikan Agama Islam Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2005
Muhammad Faisal Haq 2012 Peran Guru DalamMeningkatkanMotivasiBelajarSiswa Pada Mata Pelajaran AlquranHadits Kelas 3 di MI YaspuriMulyorejo Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2013
Muhammad MuntahibunNafis, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2011.
MuhibbinSyah, PsikologiBelajar, Jakarta: Logos, 1999.
Nur, Syamsiara, dkk, Efektivitas Model PBL terhadap Hasil BelajarMahasiswaProdi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. JurnalSaintifik,vl.2,No.2,(2016):133-41.https://media.neliti.com/media/publications/240452-efektivitas-model-problem-based-learning-2dd31bd6.pdf.
Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2009.
Ramly Maha, Psikologi Pendidikan, Banda Aceh: Ratha, 2002
Riduwan, Skala PengukuranVariabel-Variabel, Bandung: Alfabeta, 2010
RisnaMawarni, Peran Guru DalamMeningkatkanKemampuan Anak DalamMembaca Al-Qur’an di BalaiPengaajianMiftahul Huda GampongPusong Lama, IAIN Lhokseumawe, 2021.
Rusman,Model-ModelPembelajaranMengembangkanProfesionalGuru,Jakarta:Rajawali Pers, 2012.
Safrida, Mira, Penerapan Model Pembelajaran PBL untukMneingkatkan HasilBelajar IPA Kelas V SD Negeri PeureumeueKecamatanKaway XVI,JurnalBinaGogik,Vol.7,No.1,(2020):53-65.https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/download/433/381.dikasespada30 Mei 2022
Sahabuddin.MengajardanBelajarDuaAspekDariSuatuProsesYangDisebutPendidika),Cet.III;Makassar:BadanPenerbitUNM.2007.
Sanapiah Faisal, Format-format Penelitian social Cet. VI, Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2003
Sarlito W. Sarwonodkk, PsikologiSosial, Jakarta: SalembaHumanika, 2009
Satmoko. PsikologiBelajar TIM Pengembangan MKDK IKIP Semarang, Cet.II; Semarang: IKIP Semarang Press, 1990.
Satria Efendi dan Muhammad Zein, UshulFigh, Jakarta:Kencana, 2008
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: RinekaCipta, 2003
Sockanto, Soerjono, TeoriPeranan, Jakarta: BumiAksara, 2002
SoerjonoSoekanto, SosiologiSuatuPengantar, Jakarta: Rajawali Press, 2012
Sugiyono,MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdanR&D,Bandung:Alfabeta,2011
Sutopo, MetodologiPenelitianKualitatif, Surakarta: SebelasMaret University Press, 2002
SyaifulBahriDjamarah, Guru dan Anak DidikdalamInteraksiEdukatif, Jakarta: RinekaCipta, 2000
SyaifulSagala, Konsep dan MaknaPembelajaran, Bandung:Alfabeta, 2003
SyamsuddinA.R, dkk Metodepenelitianpendidikanbahasa, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006
TabraniRusyan, Pendekatandalam Proses BelajarMengajar, Bandung: RemajaRosdaKarya, 1989
Tadjab, Ilmu Jiwa Pendidikan, Surabaaya : Abditama, 1994
UU RI No. 14 Thn 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: SinarGrafika, 2014
W.J.S. Poerwodarminto, KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1984
W.S. Winkel, Psikologi Pendidikan dan EvaluasiBelajar Cet. I: Jakarta: Gramedia, 1983.
Yulianti,Evadkk,PengaruhModelPembelajaranPBLterhadapKemampuanBerpikirAnalitisSiswa SMA Negeri 2 Bayuasin 1. JurnalSwarnabhumi,Vol.3, No. 2, (2018.)
Yuwono, GalihRinekso, WidhaSunarno, And Nonoh Siti Aminah. “PengaruhKemampuanBerpikirAnalitisPadaPembelajaranBerbasisMasalah(Pbl) Terhadap Hasil BelajarRanahPengetahuan.” Edusains12, No. 1(November2020):106–12.Https://Doi.Org/10.15408/Es.V12i1.11659.
ZakiahDaradjat, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: BumiAngkasa, 1984
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.