EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 LANGSA
Main Article Content
Faisal Faisal
Fenny Anggreni
Riskia Husna
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning yang dibantu oleh video pembelajaran pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan data yang dikumpulkan. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi guru, observasi siswa, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif sesuai dengan data yang telah di pilah sesuai dengan nilai dan indikator yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran secara signifikan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan, dengan 82,35% siswa mencapai nilai KKM yaitu nilai 75. Hasil observasi terhadap guru menunjukkan kinerja yang sangat baik dengan persentase 89,58%, sementara hasil observasi siswa menunjukkan kinerja yang sangat baik dan persentase 87,5%. Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran sangat positif, dengan 79,41% respon pada kategori "Sangat Sesuai", 11,25% pada kategori "Sesuai", dan hanya 2,79% pada kategori "Kurang Sesuai", tanpa ada respon pada kategori "Tidak Sesuai".Sehingga disarankan agar guru menggunakan video pembelajaran untuk memaksimalkan pembelajaran.
Arikunto, S. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Ke 1). Bumi Aksara, Jakarta.
Arizal, N. (2022). Strategi Perguruan Tinggi Menghadapi Perubahan Kurikulum Pendidikan. 0761.
Ayu Ardila and Suryo Hartanto, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik,” PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 6, no. 2 (2017): 175–186. (n.d.).
Elvi Meilasari, Damris M, and Upik Yelianti, (2020),. (n.d.).
Erwan Effendy and others, (2014). (n.d.).
Febliza, A., & Okatariani, O. (2020). The Development of Online Learning Media by Using Moodle for General Chemistry Subject. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 40. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12339
Istiqomah, N., & Widodo, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2), 2(1), 75–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p59-68
Mafidah, E. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Dengan Menggunakan Pen Tablet. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 315–322. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i4.627
Muliana, Fonna, M., Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.5 No.1 Juli 2024. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900
Ningsih, A.R., Rohantizani, Marhami. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas X SMK Negeri 1 Dewantara. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.1 Juli 2021. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat. v2i1.1397
Nisa, S., Anwar, N., dan Al Husaini, M. D. (2022). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Januari 2022. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat. v2i2.178
Nurfadhillah, S., Ramadani, F., Afianti, N., Huzaemah, & Erdian, A. (2021). Pengembangan Media Video Pada Pelajaran Matematika Di Sd Negeri Poris Pelawad 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 333–343. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Riduwan. (2020). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 235–244. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.6761
Salahuddin, M., & Yamin, M. (2021). Implikasi Media Video Pembelajaran Matematika dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) di Masa Pandemi pada Mahasiswa Matematika STKIP Harapan Bima. Jurnal Basicedu, 5(6), 5899–5905. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1695
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 163–218. http://www.erickazof.com/apa-itu-
Sibarani, S., Rusmini, R., Mendrofa, R. N., & Hasratuddin, H. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 479–486. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.866
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Wahid, A., Keguruan, S. T., Pendidikan, I., & Pinrang, D. (n.d.). Volume V Nomor 2 Maret 2018 Istiqra’ Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar (The Importance of Learning Media In Inproving Student Learning Achievements).
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896