EFEKTIVITAS STRATEGI SCAFFOLDING TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MTSN 1 LHOKSEUMAWE
Main Article Content
Cici Laditah
Nurul Akmal
Nur Anwar
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah strategi scaffolding efektif dalam menurunkan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTsN 1 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan tes, lembar respon siswa, dan lembar pengamat untuk melihat efektivitas strategi scaffolding dalam pembelajaran dan menggunakan angket untuk melihat penurunan kecemasan siswa pada setiap aspek kecemasan siswa. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTsN 1 Lhokseumawe dengan menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII Al-Haytam yang berjumlahkan 30 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga indikator efektivitas pembelajaran terpenuhi, serta dalam penurunan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika hasil yang diperoleh pada setiap aspek terdapat peningkatan yang menunjukkan bahwa strategi scaffolding memberikan dampak yang positif terhadap penurunan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Maka berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa strategi scaffolding efektif dalam menurunkan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTsN 1 Lhokseumawe.
Ardiyanti, A., & Anjariyah, D. (2020). Penerapan Teknik Scaffolding Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Smk Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Higher Order Thinking Skills (Hots).
Chairani, Z. (2015). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika5. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Damayanti, N. W. (2016). Praktik Pemberian Scaffolding Oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar (Sbm) Matematika Volume, 18 (1).
Hidayat, A. T., Maulina, C. R., & Nufus, H. (2023). Penerapan Teknik Scaffolding Dalam Mengurangi Mathematics Anxiety Siswa Pada Materi Peluang. Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 245–257. Https://Doi.Org/10.24127/Emteka.V4i2.4021
Imro’ah, S., Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender Terhadap Kecemasan Matematika Dan Self Efficacy Siswa. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36. Https://Doi.Org/10.22236/Kalamatika.Vol4no1.2019pp23-36
Kurniasih, A. W. (T.T.). Scaffolding Sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. 3.
Kusmaryono, I., Gufron, A. M., & Rusdiantoro, A. (2020). Effectiveness Of Scaffolding Strategies In Learning Against Decrease In Mathematics Anxiety Level. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13–22. Https://Doi.Org/10.25217/Numerical.V4i1.770
Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2020). Tinjauan Sistematis: Strategis Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 102–117. Https://Doi.Org/10.21580/Phen.2020.10.1.6114
Laily, Nur dan Lestari, A.S.B. (2024). Studi Literatur: Analisis Kecemasan Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.4 No.2 Januari 2024. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v4i2.2221
Lutfia, L., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 01(03).
Musnaini, Khairiani, dan Akmal, N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Nurhayati, E. (T.T.). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa.
Nursanti, I. (2022). Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa-2 Sma Negeri 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2018/2019. 6.
Retnodari, W., & Elbas, W. F. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Of Mathematics Education, 1.
Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Swasta Al-Washliyah Medan. 07.
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Azis, A. (2022). Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jumper: Journal Of Educational Multidisciplinary Research, 1(1), 47–59. Https://Doi.Org/10.56921/Jumper.V1i1.37
Wati, M. T., Imamuddin, M., & Julfitri, E. (2022). Deskripsi Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp. 1(4).
Wulandari, S., & Hayati, I. (2022). Studi Literatur: Peran Questioning Sebagai Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika.