Peran Penting Ibu bagi Anak dan Keluarga dalam Perspektif Gender
DOI:
https://doi.org/10.47766/saree.v2i2.554Keywords:
Pendidikan Keluarga, Peran Ibu, Perspektif GenderAbstract
Dalam keluarga, ibu berperan paling dominan, tidak hanya mengurus keluarga dan aktivitas rumah tangga tapi juga madrasah bagi anak-anak. Hal itu dilakukan agar tercapainya keluarga yang sejahtera. Pendidikan anak merupakan salah satu ciri kesejahteraan keluarga. Jika pendidikan anak terpenuhi dengan baik,itu merupakan wujud dari kesejahteraan keluarga. Ibu mempunyai peran penting, dimana ibu yang paling dekat dengan anak. Karena ibu rumah tangga selalu berada di rumah, sedangkan ayah biasanya selalu sibuk mencari nafkah. Dalam pendidikan keluarga, khususya pendidikan anak-anaknya, maka peranan ibu sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Selain berperan dalam perkembangann pendidikan dan kemampuan anak, seorang ibu juga diharuskan berperan dalam perkembangan religius anak. Seorang ibu diharuskan berperan serta dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama pada anak sejak dini.
References
Ani, C. (2013). Peran Ibu Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Sholeh Menurut Konsep Islam. Eri Rossatria.
Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga (Sebuah Perspektif Pendidikan Islam). Rineka Cipta.
Embong, R. (2018). Wanita dalam Perspektif Islam. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences (e-ISSN: 2600-9080), 1(2), 52–59.
Habiburrahman, A. (2009). Terbaik Buat Anakku. Jakarta: Pustaka Group.
Husaini, & Musdalifah. (2019). Manajemen Sarak Opat dalam Pembinaan Akhlak Remaja ( Study Deskriptif di Kampung Simpang Balek Kecamatan Wih Pesam). IDARAH | Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 3(2), 102–118.
Istikomah, I. (2019). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada SMK Negeri 4 di Kota Jambi. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 39–55. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.560
Jamil, H. (2018). Peran Wanita Muslimah dalam Pendidikan Anak Menurut Dr Muhammad Ali Al-Hasyimi. UIN Raden Intan Lampung.
Janna, S. R. (2013). Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali (Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 41–55.
Khilmiyah, A., & Setiawan, W. (2021). Character Education Concepts and Values in The Teaching of Gratitude (A Critical Analysis of Major Qur’anic Exegesis Texts). Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 17(2), Layouting. https://doi.org/10.18196/afkaruna.v17i2.13399
Masitoh, S., Gussevi, S., & Tabroni, I. (2021). Peran Wanita Karir dalam Pendidikan Anak. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(02), 109–123. https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.04
Oktaviani, E. D. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 55. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440
Parker, L., & Prabawa-Sear, K. (2019). Environmental Education in Indonesia. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429397981
Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131.
Salabi, A. S. (2021). Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Halimi: Journal of Education, 2(1), 69–92.
Sitorus, M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Perdana Publishing.
Susanto, R. (2022). Kamus Kata Baku Bahasa Indonesia. Kiblat Buku Utama.
Uwes, H. S. (2014). Pendidikan Keluarga dalam Al Qur’an.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Saree : Research in Gender Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.