JOURNAL TEMPLATE
INDEX
Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar. Sebagaimana banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya, kurangnya partisipasi aktivitas siswa dan dominannya aktivitas guru, sehingga hasil yang dicapai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dibutuhkan suatu model yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematis serta menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar melalui Strategi pembelajaran kreati-produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran kreatif-produktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Yang menjadi sampel adaah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontol, pemilihan sampel digunakan dengan teknik random sampling class. Adapun teknik memperoleh data, peneliti melakukan tes. Berdasarkan teknik analisis data uji t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,5, sehingga diperoleh dengan derajat kebebasan (dk)= (n1 + n2 – 2 ) = 32 + 36 – 2 =66 menunjukkan bahwa. thitung ttabel, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,676 dan ttabel =1,671, sehingga 1,676 1,671; maka tolak Ho sehingga hipotesis yang dirumuskan ini menyatakan “Ada pengaruh strategi pembelajaran kreatif-produktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia”.
Abdur Rahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta 2006
Hujono. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang
Mahdalena dan Nuraini. 2021. Meningkatkan Pemahaman Siswa melalui PMRI Bernuansa Islami. Ar-Riyadiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1, No.2, Januari 2021.
Pemendikbud 2016 Peraturan Pemerintah Dinas dan Kebudayaan, Nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: pemendikbud.
Ridwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian. Bandung:Alfabet,2007
Ridwan. 2007. Belajar Mudah Untuk Guru-Karyawan dan penelitian dan peneliti Mudah. Bandung; Alfabeta
Sembiring, dkk. 2021. Pengaruh Model Diret Instruction Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Ar-Riyadiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1, No.2, Januari 2021.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 2002
Sugiono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung :Alfabeta