Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbentuk Mailing List
DOI:
https://doi.org/10.47766/pase.v3i1.3306Keywords:
Bahan Ajar, Pendidikan Agama Islam, Mailing ListAbstract
Tujuan penulisan artikel memaparkan mengenai bagaimana pemanfaatan milis dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan analisis deskriptif, dengan merujuk kepada sumber-sumber bacaan yang relevan tentang pembahasan milis. Penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis) berbasis library research). Analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar Pendidikan agama Islam milis sangat penting dilakukan terlebih lagi jika pembelajaran dilakukan secara daring. Pemanfaatan milis dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam sangat dirasakan manfaatnya oleh guru dan siswa disebabkan semua materi dan bahan ajar bias dikirimkan oleh guru dan dapat diterima langsung oleh siswa didapat di group diskusi milis tanpa harus bertatap muka secara langsung.
References
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Abu Ahmadi dan Widodo dan Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Ali MuhdiAmnur, Konfigurasi Politik Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Fahima, 2007.
Arif. S. Sarmidar, Media Pendidikan ,Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada,2013.
Hardjito.InternetuntukPembelajaran.https://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/download/383/pdf_4/
Kusnandi, Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare To Be Different”, Jurnal Wahana Pendidikan Vol 4, 1, Januari 2017 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/j wp/article/download/391/350
Muhibuddin Syah Ed, Psikologi dengan Pendekatan Baru, Yogyakarta: Media Abadi, 2004.
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Misaka Galiza, 2003.
Oemar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 2007.
Onno W. Purbo, Teknik Akses E-mail Internet Murah untukSekolah, Yogyakarta : ANDI, 2005.
Priatna, t. Inovasi Pembelajaran PAI di Sekolah Pada Era Disruptive Innovation. JurnalTatsqif,(9 July, 2018),16(1),1641.http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/158
Robert Maribe Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach, New York: Springer, 2009.
Sadiman,SA, Alat Peraga Pendidikan , Rajawali, 1994.
Sutiah, Perubahan Budaya Belajar dan Inovasi Pembelajaran PAI, Sidoarjo : Nizamia Learning Center, 2018.
Tracy LaQuey, Sahabat Internet: Pedoman Bagi Pemula untuk Memasuki Jaringan Global, Bandung : ITB, 1997.
Udin Syaefudin Sa’ud, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta ,2012.
Vincent Darmawan, Panduan PraktisMengelola Milis untuk Moderator dan Anggota Yahoo! Groups, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pase: Journal of Contemporary Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.