The Leadership Role of Branch Heads in Motivating Employee Performance at BMT NU East Java Camplong Sampang Branch

Authors

  • Sitti Aisyah Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.47766/alhiwalah.v3i1.3141

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi, Karyawan

Abstract

Kepemimpinan merupakan suatu usaha dariseorang pemimpin untuk dapat merealisasikan tujuanindividu ataupun tujuan organisasi. Oleh karena itu, pemimpin diharapkan dapat memengaruhi, mendukung, dan memberikan motivasi agar para pengikutnya tersebutmau melaksanakannya secara antusias dalam mencapaitujuan yang diinginkan baik secara individu maupunorganisasi. Peran kepemimpinan dalam suatu perusahaanmerupakan inti dari dari manajemen dan memiliki kaitanyang sangat erat dengan motivasi kerja. Hal ini terjaditepatnya di BMT NU Jawa Timur Cabang CamplongSampang, peran pemimpin kepala cabang dalammemotivasi karyawannya, agar karyawannya lebihterpusatkan untuk mencapai sasaran-sasaran organisasidan mendapatkan hasil kerja kerasnya. Tujuan Penelitianini adalah menjelaskan peran kepemimpinan kepalacabang dalam memotivasi kinerja karyawan dan dampakperan kepemimpinan kepala cabang dalam memotivasiterhadap kinerja karyawan. Adapun desain penelitian inimenggunakan penelitian kualitatif dengan teknikpengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data denganmenggunakan teknik deksriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinankepala cabang di  BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong Sampang membawa pengaruh dalammembangun  motivasi kinerja karyawan dalam mencapaitarget di sebuah perusahaan atau organisasi.

References

Akhmad, Zaenal dkk. “Pengaruh Kepemimpinan dalam Peningkatan Motivasi Kerja PNS di Kantor Kecamatan.” Journal of Government Insight 2, no. 2 (Desember 2022).

Elvianta, Novi dkk. “Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di PT. Mestika Sakti Anugrah Semesta Meda.” Jurnal Ilmu Administrasi Publik 2, no. 1 (2014).

Handayani, Senny dan Sitti Aisyah. “Pengaruh Peran Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Karyawan pada PT Astra Graphia. Journal of Management and Business 1, no. 1 (Oktober 2016).

Ianah Khofifah, Nur. Karyawan BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong Sampang. Wawancara Langsung, Pada tanggal 3 Mei 2024.

Meika Madyarti, Gusti. “Peran Pemimpin dalam Memotivasi dan Meningkatkan Kinerja Pegawai.” Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2021).

Mubaraq, Sahrul. Kepala Cabang BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong. Wawancara Langsung, Pada tanggal 3 Mei 2024.

Prianita, Yolanda dkk. “Pengaruh Peran Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang.” Journal for Management Student 1, no. 1 (Juli 2021).

Rohim, Abd dan Rudy Haryanto. “Analisis Manajemen Kompensasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Kinerja SDI di Perusahaan Petis Hj. Diya Food Sampang.” Jurnal Al-Hiwalah 2, no. 1 (Januari-Juni 2023).

Soekarso dan Iskandar Putong. Kepemimpinan Kajian Teoritis dan Praktis. Jakarta: Buku & Artikel Karya Iskandar Putong, 2015.

Sukma Hanafi, Andhi dkk. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Manajemen Industri dan Logistik 2, no. 1 (Mei 2018).

Wijono, Sutarto. Kepemimpinan dalam Perspektif Organisasi. Jakarta: Prenamedia Group, 2018.

Yani Zainta, Santri dkk. “Peran Kepemimpinan Untuk Memotivasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT Sunlife Cabang Medan”. Jurnal JUPSIM 1, no. 3 (September 2022).

Yani Zinta, Santri. “Peran Kepemimpinan Untuk Memotivasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT Sunlife Cabang Medan.” Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manjemen Bisnis 1, no. 3 (September 2022).

Yu Lin, Pei. “The Correlation Between Management and Eemployee Motivation In Sasol Polypropylene Business in South Africa.” Thesis, Faculty of Economics Management and Sciences, University of Pretoria, 2009.

Downloads

Published

2024-06-30