Analisis Nilai Religius dan Nilai Moral yang Terdapat dalam Cerita Rakyat Bulusan Sumber dari Kudus
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v7i1.6443Keywords:
Nilai Keagamaan, Nilai Etika, Legenda Bulusan, KudusAbstract
Penelitian ini mengkaji kandungan nilai-nilai religius dan moral dalam cerita rakyat Bulusan yang berasal dari Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Cerita ini merupakan warisan budaya lokal yang terus dilestarikan melalui tradisi masyarakat setempat, seperti ritual tahunan setiap 8 Syawal. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak dan catat, berdasarkan referensi utama dari buku Cerita Rakyat Pesisir Timur serta literatur pendukung lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa cerita Bulusan memuat sejumlah nilai religius seperti ketaatan, keikhlasan, dan keyakinan terhadap kehendak Tuhan, serta nilai moral seperti kerja sama, rasa tanggung jawab, dan kesetiaan terhadap guru. Nilai-nilai tersebut mencerminkan kekayaan budaya lokal yang penting untuk ditanamkan dalam pendidikan karakter.
References
Afriyanti, I., & Somadayo, S. (2020). Pemanfaatan media cerita rakyat sebagai upaya membangun kreativitas anak. PEDAGOGIK, 7(2).
Candra, I. S., Asbari, M., & Rozikin, P. R. (2023). Konsep Eksosistem Pendidikan Merdeka: Perspektif Filosofis dan Praksis Najelaa Shihab. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 89–92.
Ellawati Ellawati, Susi Darihastining, & Henny Sulistyowati. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata: Nilai Religius Dan Nilai Kerja Keras. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 193–200. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.9134
Husaini, A., & Amelia, S. (2022). Legenda Keagamaan Dalam keterkaitan IPS. 1–11.
LITERATUR (Jurnal Bahasa dan Sastra)
Vol 7 No 1 (2025) Page 111—122 e-ISSN: 1599445885 Kanzunnudin, M. (2017). Menggali nilai dan fungsi cerita rakyat sultan hadirin
dan masjid wali at-taqwa loram kulon kudus Oleh. Jurnal Kredo, 1(1), 31–
43.
Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis Nilai Spiritual dalam
Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 11. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17924
Putri, V. F. H., Asbari, M., & Khanza, S. A. K. (2023). Revolusi Pendidikan: Kurikulum Merdeka Solusi Problematika Belajar? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 8–12.
Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. 2507(February), 1–9.
Rusyana, Y., & Jaruki, M. (2000). Prosa tradisional: pengertian, klasifikasi, dan teks. Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Sari, D. P., Maharani, A. I., & Amelia, L. N. (2023). Literasi Budaya Pada Mitos Cerita Legenda" Bulusan" Sebagai Nilai Moral-Lokalitas Kudus. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 230–237.
Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. https://j- innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis
Suryaningsih, P., Rizqina, Y. M., & ... (2024). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Bulusan Di Desa Hadipolo Sebagai Sumber Belajar Ips. ARIMA: Jurnal Sosial Dan ..., 1(4), 226–233.
LITERATUR (Jurnal Bahasa dan Sastra)
Vol 7 No 1 (2025) Page 111—122 e-ISSN: 1599445885
http://jurnalistiqomah.org/index.php/arima/article/view/1140
Thoha, H. M. C. (1996). Kapita selekta pendidikan Islam. Pustaka Pelajar. Trisnasasti, A. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat
Nusantara. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 4(2), 99–
106. https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405
Umri, C. A. (2021). Nilai-Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Baturaden Pada
Masyarakat Banyumas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah
Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93–100. Wulandari Wangi Ni Kadek, F. D. A. I. G. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan.
Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61.