Penerapan Pembelajaran Interdisipliner Basmat untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v6i2.4672Keywords:
Pembelajaran Interdisipliner, Basmat, Kemampuan MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran interdisipliner Basmat (Bahasa, Seni, dan Matematika) dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat siklus tindakan, melibatkan 30 siswa kelas X. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, serta pengukuran kemampuan menulis melalui tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis siswa di setiap siklus. Pada siklus pertama, nilai rata-rata posttest meningkat dari 65,5 menjadi 72,3, sementara pada siklus keempat nilai rata-rata posttest mencapai 87,5. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran interdisipliner Basmat berhasil membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik, baik dari segi struktur, kreativitas, maupun penggunaan kosakata yang variatif. Pembelajaran ini juga meningkatkan motivasi siswa dalam menulis, karena memberikan konteks yang lebih luas dan relevansi terhadap kehidupan nyata. Temuan ini sejalan dengan teori-teori pembelajaran interdisipliner yang menunjukkan bahwa integrasi lintas disiplin ilmu dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan keterampilan menulis mereka. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan penerapan model Basmat sebagai salah satu pendekatan efektif dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis.
References
Akib, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lintas Disiplin terhadap Kemampuan Menulis. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 16-27. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/google/10516
Arga, R. I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Pembelajaran Interdisipliner. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 275-292. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/google/10516
Barkah, E. S., Awaludin, D., & Bahtiar, M. I. E. A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics): Strategi Peningkatan Kecakapan Abad 21. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3501-3511. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i9.1497
Drake, S. M., & Burns, R. C. (2020). Meeting standards through integrated curriculum. Association for Supervision and Curriculum Development.
Famsah, S., & Ambarwati, A. (2022). Pemanfaatan anekdot dalam membuat komik strip bertema sosial bagi peserta didik SMK bidang Animasi: Kajian sastra interdisipliner. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 303- 316. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21721
Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan metode experiential learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2351
Hasanah, S. M. (2023). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi (Think Talk Write) untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan Kalimat Efektif pada Teks Berita. sarasvati, 5(1), 93-107. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v5i1.2919
Hasanah, R. U. (2018). Metode Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) terhadap Siswa. https://doi.org/10.31219/osf.io/73e6y
Janarto, D. K. (2010). Pembelajaran Interdisipliner: Upaya mengapresiasi sastra secara holistik. Humaniora, 1(2), 522-535. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2893
Mukhsinah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Peningkatan Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 16- 27. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/google/10516
Mariana, M., & Purwana, R. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Farmasi: Pendekatan Interdisipliner. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 238-249. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.3377
Monika, M. S., Sari, S. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 565-574. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4382
Novawan, A. (2015). Analisis Diskors Kurikulum dan Pedagogi pada Mata Kuliah Bahasa Inggris dalam Konteks Interdisipliner di Politeknik Negeri Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 15(2). 10.25047/jii.v15i2.46
Purnamasari, N. (2023). Integrasi Seni dalam Pengajaran Bahasa untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-6. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/google/10516
Pangesti, W. A., Fanani, A., & Prastyo, D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30s), 27- 32. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2753
Rahmat, R. (2019). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner Sebagai Corak dan Solusi Pendidikan Agama Islam Era 4.0. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2), 349-361. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i2.821
Saputra, D. Y. (2023). Pengaruh Pembelajaran Interdisipliner terhadap Motivasi dan Kemampuan Menulis. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-6. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/google/10516
Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar
Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah
Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala
Education, 9(1). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644 Ulva, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Interdisipliner terhadap
Penguasaan Bahasa dan Keterampilan Menulis. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(1), 91-101. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/google/10516
Utari, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Factual Report Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X-1 Di SMAN 5 Kota Bekasi Pada Tahun Ajaran 2021-2022.JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 829- 835. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24938