Retorika Kepala Madrasah dalam Mengatasi Konflik Antar Guru

Authors

  • Mohammad Bilutfikal Khofi IAI At-Taqwa Bondowoso, Indonesia
  • Anisaturrahmi Sultan Idris Education University, Malaysia
  • Riska Saputri Madrasah Aliyah Negeri 2 Aceh Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v6i2.4633

Keywords:

Ethos pathos logos , Konflik antar guru, Madrasah Aliyah, Manajemen konflik, Retorika dalam kepemimpinan, Strategi komunikasi kepala madrasah

Abstract

Retorika adalah seni komunikasi yang penting bagi kepala madrasah di Madrasah Aliyah untuk mempengaruhi, meyakinkan, dan mengatasi konflik antar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi retorika (ethos, pathos, logos) yang digunakan oleh kepala madrasah dalam mengatasi konflik antar guru. Metode penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, melibatkan pengumpulan dan analisis literatur yang relevan dari jurnal-jurnal akademik, buku, dan sumber ilmiah lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepala madrasah untuk menciptakan lingkungan harmonis dapat menggunakan ketiga elemen retorika yakni ethos, pathos, dan logos. Ethos untuk membangun kepercayaan dan integritas, pathos untuk memperkuat empati dan solidaritas antar guru, dan logos untuk menyajikan argumen logis dalam mengatasi konflik di Madrasah Aliyah. Novelty penelitian ini terletak pada pengidentifikasian dan analisis penggunaan ketiga elemen retorika (ethos, pathos, logos) secara terpadu oleh kepala madrasah dalam mengatasi konflik antar guru di Madrasah Aliyah. Penelitian ini menawarkan perspektif baru dalam penerapan retorika sebagai alat kepemimpinan untuk menciptakan lingkungan madrasah yang harmonis dan produktif.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022).

Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569

Barokah, S. (2020). Kredibilitas Da’i dengan Keseriusan Jama’ah dalam Menyimak Ceramah. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(3), 283–303. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i3.1036

Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam

Manajemen Perencanaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1763

Harto, K., & Syarnubi, S. (2018). Model Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Living Values Education (LVE). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1873

Huliatunisa, Y., Nurlaelah, & Hasanah, I. R. (2023). Management Of Education Manajemen Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi Pendidikan. Management Of Education Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 277–286. https://doi.org/10.18592/moe.v9i2.10654

Iskandar, A. (2020). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah . Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 69–82. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V5i1.5976

Khalid, I., Rita, R., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Superioritas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 139–157. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.660

Koswara, N., Saadah, E., & Heri Hadian, M. (2024). Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi Dan Sosiologi. Journal Of Education Research, 5(1), 106–115. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.782

Mariani, R., & Husnial Pardi, H. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Mengelola Konflik di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3(2), 20–31. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.449 Nartin, Faturrahman, Deni, A., Santoso, Y. H., Paharuddin, Suacana, I. W. G., Indrayani, E., Utama, F. Y., Tarigan, W. J., & Eliyah. (2022). Metode

Penelitian Kualitatif. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Novrizal, N., Supraha, W., & Tamam, A. M. (2024). Konsep Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah (Studi Kasus: MTs. Darul Ihya Ciomas). JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN, 11(01), 29–37.

https://doi.org/10.56406/jkim.v11i01.433

Rahayani, Y. (2016). Servant Leadership: Educational Institution. Journal Of English And Education, 4(1), 91–101. Https://Doi.Org/10.20885/Jee.Vol4.Iss1.Art7

Rahmawati, R., Arifah, U., & Rokhmawanto, S. (2022). Implementasi Emotional Spiritual Quotient (Esq) Dalam Keteladanan Kepemimpinan Jawa Di Madrasah. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 37–54. Https://Doi.Org/10.33507/An-Nidzam.V9i1.553

Rahmawati, & Supriyanto. (2020). Pentingnya Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim Dalam Implementasi Manajemen Mutu Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.26740/Jdmp.V5n1.P1-9

Sitanggang, R., & Sibagariang, S. (2019). Model Pengambilan Keputusan Dengan Teknik Metode Profile Matching. Cess (Journal Of Computer Engineering System And Science), 4(1), 2502–2714. https://doi.org/10.24114/cess.v4i1.11460

Siahaan, A., Neliwati, N., & Ajrina, N. (2024). Implementasi Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Produktivitas Madrasah di MTs Al-

Washliyah Kota Tebing Tinggi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 364–

383. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.573

Susanto, D. F., & Dwianansya, W. (2024). Strategi Manajemen Konflik Dalam

Meningkatkan Kinerja Guru Di Smpn 28 Surabaya. Intelektualita: Journal Of Education Sciences And Teacher Training, 13(01), 97–114 . https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.441

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Sutrisno, I., & Wiendijarti, I. (2014). Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan Dan Keterampilan Berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1). https://doi.org/10.31315/jik.v12i1.359

Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116. http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.10527

Wulan, E. P. S., Pattiasina, P. J., Putra, B. A., Arianto, T., Saragih, R. B., Mardiana, M., Sitepu, E. P., Alvira, I., & Aziz, B. (2024). Retorika dan Dialektika Komunikasi Publik. Padang: Gita Lentera.

Downloads

Published

2024-12-30