Retorika Kepala Madrasah dalam Mengatasi Konflik Antar Guru
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v6i2.4633Keywords:
Ethos pathos logos , Konflik antar guru, Madrasah Aliyah, Manajemen konflik, Retorika dalam kepemimpinan, Strategi komunikasi kepala madrasahAbstract
Retorika adalah seni komunikasi yang penting bagi kepala madrasah di Madrasah Aliyah untuk mempengaruhi, meyakinkan, dan mengatasi konflik antar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi retorika (ethos, pathos, logos) yang digunakan oleh kepala madrasah dalam mengatasi konflik antar guru. Metode penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, melibatkan pengumpulan dan analisis literatur yang relevan dari jurnal-jurnal akademik, buku, dan sumber ilmiah lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepala madrasah untuk menciptakan lingkungan harmonis dapat menggunakan ketiga elemen retorika yakni ethos, pathos, dan logos. Ethos untuk membangun kepercayaan dan integritas, pathos untuk memperkuat empati dan solidaritas antar guru, dan logos untuk menyajikan argumen logis dalam mengatasi konflik di Madrasah Aliyah. Novelty penelitian ini terletak pada pengidentifikasian dan analisis penggunaan ketiga elemen retorika (ethos, pathos, logos) secara terpadu oleh kepala madrasah dalam mengatasi konflik antar guru di Madrasah Aliyah. Penelitian ini menawarkan perspektif baru dalam penerapan retorika sebagai alat kepemimpinan untuk menciptakan lingkungan madrasah yang harmonis dan produktif.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022).
Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569
Barokah, S. (2020). Kredibilitas Da’i dengan Keseriusan Jama’ah dalam Menyimak Ceramah. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(3), 283–303. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i3.1036
Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam
Manajemen Perencanaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1763
Harto, K., & Syarnubi, S. (2018). Model Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Living Values Education (LVE). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1873
Huliatunisa, Y., Nurlaelah, & Hasanah, I. R. (2023). Management Of Education Manajemen Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi Pendidikan. Management Of Education Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 277–286. https://doi.org/10.18592/moe.v9i2.10654
Iskandar, A. (2020). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah . Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 69–82. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V5i1.5976
Khalid, I., Rita, R., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Superioritas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 139–157. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.660
Koswara, N., Saadah, E., & Heri Hadian, M. (2024). Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi Dan Sosiologi. Journal Of Education Research, 5(1), 106–115. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.782
Mariani, R., & Husnial Pardi, H. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Mengelola Konflik di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3(2), 20–31. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.449 Nartin, Faturrahman, Deni, A., Santoso, Y. H., Paharuddin, Suacana, I. W. G., Indrayani, E., Utama, F. Y., Tarigan, W. J., & Eliyah. (2022). Metode
Penelitian Kualitatif. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Novrizal, N., Supraha, W., & Tamam, A. M. (2024). Konsep Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah (Studi Kasus: MTs. Darul Ihya Ciomas). JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN, 11(01), 29–37.
https://doi.org/10.56406/jkim.v11i01.433
Rahayani, Y. (2016). Servant Leadership: Educational Institution. Journal Of English And Education, 4(1), 91–101. Https://Doi.Org/10.20885/Jee.Vol4.Iss1.Art7
Rahmawati, R., Arifah, U., & Rokhmawanto, S. (2022). Implementasi Emotional Spiritual Quotient (Esq) Dalam Keteladanan Kepemimpinan Jawa Di Madrasah. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 37–54. Https://Doi.Org/10.33507/An-Nidzam.V9i1.553
Rahmawati, & Supriyanto. (2020). Pentingnya Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim Dalam Implementasi Manajemen Mutu Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.26740/Jdmp.V5n1.P1-9
Sitanggang, R., & Sibagariang, S. (2019). Model Pengambilan Keputusan Dengan Teknik Metode Profile Matching. Cess (Journal Of Computer Engineering System And Science), 4(1), 2502–2714. https://doi.org/10.24114/cess.v4i1.11460
Siahaan, A., Neliwati, N., & Ajrina, N. (2024). Implementasi Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Produktivitas Madrasah di MTs Al-
Washliyah Kota Tebing Tinggi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 364–
383. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.573
Susanto, D. F., & Dwianansya, W. (2024). Strategi Manajemen Konflik Dalam
Meningkatkan Kinerja Guru Di Smpn 28 Surabaya. Intelektualita: Journal Of Education Sciences And Teacher Training, 13(01), 97–114 . https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.441
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Sutrisno, I., & Wiendijarti, I. (2014). Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan Dan Keterampilan Berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1). https://doi.org/10.31315/jik.v12i1.359
Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116. http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.10527
Wulan, E. P. S., Pattiasina, P. J., Putra, B. A., Arianto, T., Saragih, R. B., Mardiana, M., Sitepu, E. P., Alvira, I., & Aziz, B. (2024). Retorika dan Dialektika Komunikasi Publik. Padang: Gita Lentera.