Penerapan Pendekatan Multikultural dalam Pengajaran Sastra untuk Meningkatkan Pemahaman Antarbudaya

Authors

  • Muh Ibnu Sholeh STAI Kh Muhammad ALi Shodiq Tulungagung, Indonesia
  • Muh Habibulloh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Sokip UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Asrop Syafi’i UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Nur ‘Azah UNHASY Tebuireng Jombang, Indonesia
  • Zainur Arifin IAIBAFA Jombang, Indonesia6
  • Hasyim Rosyidi INSUD Lamongan, Indoneisa
  • Sahri UNUGIRI Bojonegoro, Indonesia8

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v6i2.3410

Keywords:

Integrasi Kurikulum , Multikultural, Pengajaran Sastra , Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan pendekatan multikultural dalam pengajaran sastra di MA Darunnajah Trenggalek dan dampaknya terhadap pemahaman antarbudaya siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas integrasi karya sastra dari berbagai budaya dalam kurikulum, respons siswa terhadap pembelajaran tersebut, serta tantangan yang dihadapi dalam proses pengajaran. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan karya sastra multikultural secara signifikan memperluas wawasan siswa tentang keragaman budaya dan meningkatkan sikap toleransi serta penghargaan terhadap perbedaan budaya. Respons siswa bervariasi, dengan sebagian menunjukkan antusiasme dan keterlibatan tinggi, sementara yang lain mengalami kesulitan dalam memahami konteks budaya yang baru. Tantangan utama termasuk kesulitan menjelaskan konteks budaya asing dan keterbatasan pengetahuan awal siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan multikultural dalam pengajaran sastra berkontribusi positif terhadap pemahaman antarbudaya, namun memerlukan strategi pengajaran yang lebih adaptif dan dukungan tambahan untuk siswa agar dapat diimplementasikan secara efektif.

References

Al-Ma’ruf, A. I. (2015). Pembelajaran Sastra Multikultural Di Sekolah: Aplikasi Novel Burung-Burung Rantau. Kajian Linguistik dan Sastra, 19(1), 60–75. https://doi.org/10.23917/kls.v19i1.4410

Anjani, K. T., Rufaidah, A., & Suharyati, H. (2023). Integrasi Filosofi Esensialisme Dalam Kurikulum Merdeka. Journal Of Administration and Educational Management, 6(2).

Banks, J. A. (2019). An introduction to multicultural education (Sixth edition). Pearson.

Budianto, V. I. M. (2007). Membaca Poststrukturalisme pada Karya Sastra. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), 21. https://doi.org/10.17510/wjhi.v9i1.220

Dwintari, J. W. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

Glesne, C. (2016). Becoming qualitative researchers: An introduction. Pearson. One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458.

Gloriani, Y. (2013). Kajian Nilai-Nilai Sosial Dan Budaya Pada Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Multikultural. Lokabasa, 4(2). https://doi.org/10.17509/jlb.v4i2.3147

Gollnick, D. M., & Chinn, P. C. (2013). Multicultural education in a pluralistic society. Pearson Higher Ed.

Haruna, Z., Ghanib, M. F. A., Muhith, A., & Sholeh, M. I. (2024). Malaysian Islamic Secondary School Leaders’: Leadership Challenges. 6(1), 82–104.

Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi Lisan sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 48. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3232

Hasanuddin, H. (2024). Konsep Kebijakan dan Implementasi Pendidikan Multikultural Di Indonesia. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 9(1).

Huda, M. M., Maftuh, B., & William, N. (2023). Urgensi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1015–1022. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5576

Ismawati, E., Anindita, K. A., Rintik, R., & Asriana, A. (2019). Multikulturalisme Dalam Sastra Indonesia Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 19. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1131

Lafif Ahmad Rofid Al Azmi, Karkono, K., & Azizatuz Zahro’. (2024). Representasi Unsur Multikultural dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 268–283. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3191

Manshur, F. M. (2012). Teori Sastra Marxis Dan Aplikasinya Pada Penelitian Karya Sastra Arab Modern. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 40(1).

Martono, M. (2023). Pembelajaran Sastra sebagai Media. Guru Membangun, 36(2).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.

Minarti, S., Ma’arif, M. J., Manshur, A., ‘Azah, N., Sholeh, M. I., & Sahri, S. (2024). The Influence Of Teacher Training And The Use Of Educational Technology On The Effectiveness Of Islamic Education Learning At Man 1 Bojonegoro. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 64–75. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i4.1404

Miranti, M., Mukodas, M., & Anwar, M. (2024). Representasi Budaya dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Tingkat SMA. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(2), 233–245. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1866

Miswaty, T. C., & Sumadewi, N. K. P. N. (2024). Nyanyian Tradisi Lisan Masyarakat Sasak dalam Kajian Metafora Kognitif. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 237–246. https://doi.org/10.30651/st.v17i2.22685

Muhammadiah, M. (2024). Bahasa Dan Sastra Indonesia (Menyelami Kekayaan Budaya dan Bahasa Bangsa). PT. Green Pustaka Indonesia.

Muqarramah Sulaiman Kurdi. (2023). Dampak Pendidikan Multikultural Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 215–244. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.322

Mutiara, E. A., Alindra, A. L., Febriani, K., Nafiisah, R., Devi, R., Ulhaq, S., & Rahmawati, Y. (2024). Dinamika Kebijakan Pendidikan Multikultural dalam Mendorong Toleransi Beragama dan Penerimaan Keberagaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Noor, T. R., & Fitriyah, K. N. (2021). Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. PALAPA, 9(1), 76–95. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1031

Nur Efendi & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Nurhidayah, S., Rahmawati, A., & Saputra, D. S. (2022). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1).

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. Sage Publications.

Purnamasari, I. (2023). Pendidikan Islam telah menjadi aspek penting dalam membentuk individu Muslim dan masyarakat Islam. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4).

Purwaningsih, E. (2016). Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17156

Raţă, G. (2013). Multicultural education: From Theory to Practice. Cambridge Scholars Publishing.

Rustan, E. (2010). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Multikultural dalam Mewujudkan Pendidikan yang Berkarakter di Era Globalisasi. Kongres Internasional Bahasa-bahasa Daerah Sulawesi Tenggara, Anduonohu, Kendari. Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional.

Sanulita, H. (2019). Pemanfaatan Pendekatan Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Pemahaman Lintas Budaya. n Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 1, pp. 286-293).

Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157

Sholeh, M. I. (2023). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. 1(3).

Sholeh, M. I. (2023). Strategi Manajemen Organisasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Global. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(1), 1–27. https://doi.org/10.55352/edu.v1i1.456

Sholeh, M. I. (2024). Optimizing The Use Of Learning Equipment To Improve Education At Man 2 Tulungagung. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 11(1), 1–21.

Sholeh, M. I. (2024). Pengaruh Kinerja Guru dan Pengembangan Kurikulum Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDI Al-Badar Tulungagung. Jurnal Karya Ilmiah Pendidik dan Praktisi SD & MI (JKIPP), 3(1).

Shull, F., Singer, J., & Sjøberg, D. I. K. (Eds.). (2008). Qualitative Methods in Empirical Studies of Software Engineering. Springer.

Syairi, K. A. (2013). Pembelajaran Bahasa Dengan Pendekatan Budaya. Dinamika Ilmu, 13(2). https://doi.org/10.21093/di.v13i2.276

Tamara, F., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Penghayatan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Keberagaman Untuk Mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika Di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(07), 530–540. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.475

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Laia, B., Sriartha, I. P., & Mudana, W. (2024). Membangun Kesadaran Multikultural Melalui Implementasi Model Pendidikan Inklusif Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 383–396. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2889

Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (Vol. 5). SAGE Publications.

Downloads

Published

2024-12-30