Pengaruh Metode Menulis Berantai terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Ulfa Safira Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Iman, Indonesia
  • Friskha Wilda Nissa Universitas Syiah Kuala, Indonesia
  • Echa Anggraining Tiyas Universitas Samudra, Indonesia
  • Moh. Ainul Yaqin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Warniatul Ulfah Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Peudawa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v6i1.2590

Keywords:

Kemampuan Menulis, Metode Pembelajaran, Menulis Berantai, Teks Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode menulis berantai terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cot Girek. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan quasi eksperimental designs (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan berupa tes menulis cerita pendek dan lembar penilaian. Penelitian dilakukan pada kelas XI dengan jumlah populasi sebanyak 164 siswa dan sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini yaitu nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebanyak 75,59 yang sudah memenuhi KKM dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebanyak 70,2 yang belum memenuhi KKM. Hasil uji t juga membuktikan bahwa penelitian yang dilakukan oleh peneliti dikatakan berhasil karena nilai signifikansi < nilai alpha (0,047 < 0,05), dan t hitung > t tabel (2.031 > 1.675) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Peneliti menyimpulkan bahwa metode menulis berantai efektif terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cot Girek.

Downloads

Published

2024-06-30