Analisis Nilai Humanisme pada Film Mengejar Surga

Authors

  • Febriani Siregar Sekolah Menengah Pertama 10 Lhokseumawe, Indonesia
  • Ridwan Syahputra Universitas Budi Darma, Indonesia
  • Eirene Siagian Sekolah Menengah Pertama Siberut Selatan, Indonesia
  • Kasmawati Sababalat Sekolah Menengah Pertama Siberut Selatan, Indonesia
  • Ildawati Sekolah Menengah Pertama Siberut Selatan, Indonesia
  • Roni Anggelina Sekolah Menengah Pertama Siberut Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v6i1.2560

Keywords:

Film Mengejar Surga, Humanisme, Nilai

Abstract

Penelitian ini membahas suatu permasalahan nilai humanisme yang terdapat pada film Mengejar Surga yang tayang di televisi dan bioskop Indonesia pada tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini berupa identifikasi, klasifikasi, dan mendeskripsikan jenis-jenis nilai humanisme pada film Mengejar Surga. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggambarkan kejadian langsung yang ada di film tersebut secara terbuka dan mendeskripsikannya. Data ini diambil dari film Mengejar Surga yang mengandung unsur humanisme yang tertuang secara jelas yakni nilai humanisme memiliki 20 data di antaranya menghargai pendapat orang lain sebanyak 4 data, kerja sama sebanyak 3 data, rela berkorban sebanyak 1 data, peduli terhadap orang lain sebanyak 4 data, tolong menolong sebanyak 1 data, solidaritas sebanyak 7 data.  Simpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini bahwa data mencakup keseluruhan berjumlah 20 data dengan Nilai humanisme yang sering muncul adalah solidaritas dan yang tidak sering muncul adalah nilai humanisme mengenai tolong menolong dan rela berkorban. Semoga pembaca mengetahui dan memahami isi dari pembahasan penelitian ini serta mendapat hikmah bagi para pembacanya.

References

Abdullah, ahmad. (2020). Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, Vol.17 No.2 Desember 2020. 17(2), 76–94. https://dx.doi.org/10.33096/jiir.v17i2.84

Arbayah. (2013). Model pembelajaran humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2), 220. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.26

Bahagiawati, & Rijzaani, H. (2005). Pengelompokan Biotipe Wereng Cokelat Berdasarkan Hasil Pcr-Rapd. Hayati Journal Of Biosciences, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.1016/S1978-3019(16)30315-1

Bastari, A. (2022). Nilai-Nilai Humanisme dalam Etika Peperangan (Kajian Ayat-Ayat Qital). Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, 2(2), 194–215. https://doi.org/10.19109/jsq.v2i2.15058

Burhanudin, M. (2017). Nilai Humanisme Religius Syiir Pesantren. Jurnal Sastra Indonesia, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.15294/jsi.v6i1.10601

Christiana Evy Tri Widyahening, & Ulupi Sitoresmi. (2023). Eksplorasi Nilai Humanisme dalam Autobiography of Frederick Douglass: An American Slave. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 433–444. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57638

Cordier, J. F. (2011). Jean Fernel and the humanist spirit. Bulletin de l’Academie Nationale de Medecine, 196(6), 1399–1407. https://doi.org/10.1016/s0001-4079(19)32000-x

Devers, G., Pradel, P. L., Devers, G., & Pradel, P. L. (2020). Pour un humanisme vital, F. Worms. Ed. Odile Jacob (2019). 320 p «. 2019, 6583. https://doi.org/10.1016/j.ddes.2020.01.014

Dkk, A. F. (2021). Humanisme Memperkuat Perdamaian Antar Agama. Edukasi. https://repository.uinsa.ac.id/eprint.1960

Faqihuddin, A. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Humanistik Religius Pada Generasi Z Dengan “Design for Change.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 263. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2471

Farahdila, N., & Subyantoro, S. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Nilai-Nilai Konservasi Humanisme Dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Teks Cerita Fantasi. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 21–33. https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.7930

Farida, Y. E. (2015). Humanisme Dalam Pendidikan Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 105–120. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v12i1.306

Hadi, S. (2022). Konsep Humanisme Yunani Kuno Dalam Sejarah Pemikiran Filsafat. In Jurnal Filsafat (Vol. 22, Issue 2). https://doi.org/10.22146/jf.12990

Hermawan, D. J. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Humanistik Dalam Pembelajaran Daring (Online) Di Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 48–69. https://jurnal.iain.bone.ac.id

Hernanda, E., & Kristanty, S. (2020). Nilai-nilai Humanisme dalam Film Green Book (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Pantarei, 4(3). https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/583

Humanis, B. D., Dakwah, F., Utara, U. I. N. S., Habibi, M., & Humanis, D. (2014). Dakwah humanis. November. https://doi.org/10.19109/wardah.v22il.90

Jibril, H., & Maria Herawati, D. (2018). Nilai Humanisme Video Klip Coldplay “Paradise” Humanism of Coldplay’s Video Clip. Promedia, 1, 129–154. https://doi.org/10.52447/promedia.v4il.1137

Karim, A. A., & Hartati, D. (2021). Nilai-Nilai Humanisme dalam Puisi Bertema Palestina Karya Helvy Tiana Rosa. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 93–101. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.43918

Karumiadri, M., Jinan, M., & Maksum, N. R. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Humanistik Menurut Prof . Dr . Hamka. 4(2), 165–178. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.170

Mattei, J. F. (2013). Conclusion: Learning to live together again. Bulletin de l’Academie Nationale de Medecine, 197(4–5), 935–943. https://doi.org/10.1016/s0001-4079(19)31537-7

Michel, F. B. (2010). The French national academy of medicine as a defender and an illustration of medical humanism. Bulletin de l’Academie Nationale de Medecine, 194(4–5), 833–845. https://doi.org/10.1016/s0001-4079(19)32278-2

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138. https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.125-138

Multikulturalisme, P. (2018). Humanisme Sebagai Nilai Pendekatan Yang Efektif Multikulturalisme Di Universitas Yudharta Pasuruan. M. Jamhuri ][ 317. 317–334. https://jurnal.yudharta.ac.id

Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/

Noy, I. R., Mariani, S., Sutisman, E., Ekonomi, F., Akuntansi, J., & Yapis Papua, U. (2023). Implementasi Nilai Humanisme Dalam Penerapan Corporate Social Responsibility. YUME : Journal of Management, 6(2), 94–109. https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.3938

Pellerin, D. (2004). Ethics and health care professions. Medicine and humanism. Bulletin de l’Academie Nationale de Medecine, 188(3), 539–545. https://doi.org/10.1016/s0001-4079(19)33784-7

Pellerin, D. (2011). Conclusion: Humanism and handicap. Bulletin de l’Academie Nationale de Medecine, 195(7), 1725–1728. https://doi.org/10.1016/s0001-4079(19)31969-7

Politik, P. (2015). Pascasarjana uin sunan kalijaga yogyakarta. 6(0274), 25–39. https://lib.pps.uin-suka.ac.id

Raden, U. I. N., & Lampung, I. (2020). Nilai-Nilai Humanisme dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Hasbun Doya A . Pendahuluan Pada zaman modern ini , umat muslim mengalami krisis identitas karena ideologi yang banyak bermunculan . Terdapat banyak sekali masalah di masa modern yang disebabkan . 2(2), 111–120. https://doi.org/10.24042/ijitp.v2i2.6507

Rohmat. (2019). Azyumardi Azra, Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam ,(Jakarta: logos Wacana Ilmu:1998). hal. 19. Tawadhu, 3(2), 911–926. https://books.google.com

Supardi, U. . (2012). Kata kunci و. Kinabalu, 11(2), 50–57. https://lib.unj.ac.id

Sutarmin, S., Zuchdi, D., & Suardiman, S. P. (2014). Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan Di Tk Islam Terpadu. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2656

Tâm, T., Và, N. C. Ứ U., Giao, C. Ể N., Ngh, C., & Chu, Ẩ N B Ụ I. (2016). 済無No Title No Title No Title. 01, 1–23.

Tawaulu, A. K. (2017). Analisis Nilai Budaya Nyanyian, Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 205-212 https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9614

Vasculaire, A. I. S. D. E. P. (2013). Accueil de Monsieur Frédéric Mitterrand – lauréat du Prix Humanisme et Médecine 2013. Journal Des Maladies Vasculaires, 38(4), 234–235.

https://doi.org/10.1016/j.jmv.2013.05.002

Zuhri, H., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2022). Humanisme dalam filsafat islam (Issue November). https://books.google.com

Downloads

Published

2024-06-30