Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Teks Eskplanasi Menggunakan Model Pembelajaran Group’s Rolling Paper pada Siswa Kelas XI

Authors

  • Afriza Asuri Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Lhokseumawe, Indonesia
  • Dedi Rosadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 15 Aceh Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v5i2.2361

Keywords:

Group’s Rolling Paper , Model Pembelajaran , Menulis Teks Eskplanasi , Siswa Kelas XI, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi menggunakan  model pembelajaran group’s rolling paper pada siswa kelas XI SMA Negeri Lhokseumawe Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian dalam penelitian ini adalah PTK.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa soal. Data dalam penelitian ini adalah siswa. Hasil penelitian ini meningkat berdasarkan tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, pada tes awal rata-rata nilai siswa 60,8, dari rata-rata nilai siswa tersebut hanya 17,6 % siswa yang mencapai KKM, terjadi peningkatan dari tes awal ke tes akhir siklus I dengan rata-rata nilai siswa 66,4, dari rata-rata nilai siswa tersebut hanya 35,2 % siswa yang mencapai KKM, kemudian terjadi peningkatan lagi dari tes akhir siklus I ke tes akhir siklus II dengan rata-rata nilai siswa 70,1, dari rata-rata nilai tersebut 52,9% siswa yang mencapai KKM, dengan demikian penelitian yang peneliti lakukan berhasil berdasarkan kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 50% siswa mencapai KKM.

References

Agustina,Irma. 2022. Mengenal dan Memahami Jenis-jenis teks. Sukorharjo : Graha printama selaras. (Onlien) diakses dari https://ipuisnas.id pada tanggal 27 Agustus 2022.

Amir, Milda. 2019. Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIIB Muhammadiyah 13 Makassar Melalui Metode Demonstrasi, , Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Anggara, Wati, Ni Made, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Pailkem untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol 9(1). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Arikunto, Sursimi, Suhardjo, Supriadi.2021. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara, 2021 (Online) diakses dari https://ipuisnas.id pada tanggal 12 Agustus 2022.

Astawan, Nyoman dkk. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, Vol 11(1) (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Dadela, Rea, dkk. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi melalui Strategi Critical Incident pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ciparay Tahun Ajaran 2017-2018. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 12(1). Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 28 September 2023.

Dalman, M P. 2021. Keterampilan Menulis – Raja wali Pers Raja Grafindo Persada (Online) diakses dari https://books.googlei.co.id/books pada 09 Januiari 2023

Desriani, Rizka, dkk. 2022. Metamorfosis Teks Eksplanasi dalam Kehidupan. Bogor: Gue Pedia. (Online) diakses dari https://books.googlei.com pada 26 September 2022.

Dewi, Nengsih, Resky, dkk. 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 94 Barru. Bosowa Journal Of Education, Vol 3(2). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 28 September 2023.

Eka, Luciana,dkk. 2019. Meningkatkam Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Vol 2(3). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Fitri, Zalukhu, Fajar, dkk. 2023. Pengembangan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol 6(1). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Fitriwati Sri, Andi Patangai.2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ekspalnasi dengan Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas VIII.B MTs Negeri 2 Tana Toraja, Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Gereda, A, A S Pratiwi, and A Kafkaylea. 2020. Keterampilan Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik Dan Benar. Tasik Malaya : Edu Publisher. (Online) diakses dari https://books.goolei.com pada tanggal 15 Januari 2023.

Handoko, Himawan, Yudi. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Media Audio Visual di Mts Negeri 2 Kota BIMA. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, Vol 1(1). Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 28 September 2023.

Inayati, Iin. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Tahun 2019 M / 1440 H. Skripsi Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Banten. ( Online) diakses dari https://reipository.uiinbantein.ac.id pada tanggal 2 Februari 2023

Istaransi. 2014. penelitian tindakan kelas, Medan, Media Persada.

Jiwandi, Indah. , Wahyu 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Teks Berita Dengan Metode Stad Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2016/2017’, Skripsi Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo (Online).

Jumadi, Jumadi. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan Vol 30(2). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Korniawan, Nova. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning pada Sisa Kelas v, (Jurnal Educatio, Vol 7 (4) (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 26 September 2022.

Kosasih. 2016. Jenis-jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung : Penerbit Yrama Widya

Markiano, Solissa, Everhard. 2021, Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra, Vol 14(2). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Maskur. 2013. Cara Jitu Mengaktifkan Siswa: Model-model Pembelajaran Up to date, Banda Aceh: Ar-Raniry Prees Darussalam.

M, Mansyur, Tunda, Amin. 2021. Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Lombok Tengah: Pusat Pengembanh Pendidikan Indoensia. (Online) diakses dari https://books.goolei.com pada tanggal 15 Agustus 2022.

Meidianasari, Hepita. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Metode Kooperatif STAD pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Educatio Vol 7(3). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Munira. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Sleman : Deepublish. (Online) diakses dari https://books.goolei.com pada tanggal 15 Januari 2023.

Muslich,Masnur. 2014. Melaksanakan PTK Itu Mudah(Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bago Guru Prodesional. Jakarta : Bumi Aksara, 2014

Ningrum, Dwi, Setia. 2022. Teks Eksplanasi Kelas XI Semester 1, buku digital. Sidoarjo. (Online) diakses dari https://Online.anyflip.com pada 26 September 2022

Novita , Andyani, Saddhono ,Kundharu, and Mujyanto, Yant. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama’, Basastra, vol4(2) (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 09 Januari 2023.

Panding, Sarles. 2020. Penerapan Media Gambar Peristiwa untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Fenomena Sosial. Jurnal Teknologi Pendidikan (JPT), Vol 13(1). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Qadir, Abdul. 2017. Evaluasi dan penilaian pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit K- Media.

Rahman, Arief Aulia, and Cut Eva Nasryah. 2019. Evaluasi Pembalajaran, Uwais Inspirasi Indonesia. Jawa Timur : Uwais Inspirasi Indonesia.

Rahman, Tafiqur. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasan. Semarang : Pilar Nusantara.

Ramadini, Rizki, dkk. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ekssplanasi Siswa SD Negeri 06 Payung. Jurnal Prndidikan, Vol 5(2). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Retnowati, Ambar. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 7(4). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Rosmala, Isrok’atun, Amelia. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara. (Online) diakses dari https://books.googlei.com pada tanggal 08 Agustus 2022.

S Anggun. F.2021 Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia, Komunikasi Organisasi dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Penyelenggaran Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan (Paten) di Daerah. Bogor : Guepedia. (Online) diakses dari https://books.googlei.com pada tanggal 08 Agustus 2022.

Sanjaya,Wina. 2014. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur, Jakarta : Kencana.

Saleh, Moch. 2016 Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model STAD pada Siswa SMA. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 1(1). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 26 September 2022.

Salfera, Novi. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol 3(2). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Sarah, Emita Sipayung, sry. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa. Jurnal Bahasa dan Pendidikan, Vol 3(2). Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 28 September 2023.

Sayoga. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Melalui Teks Berita Menggunakan Metode STAD pada Siswa. Jurnal UNISAedu Vol 5 No 4 (Online) https//: google.co.id/books. Diakases pada 15 Maret 2023.

Setiawan, Dadan, Hartati, dkk. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create, Radec. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4 (1). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Setiyaningsih,Ika. 2019. mengenal jenis-jenis teks. Jakarta : Penerbit intan pariwara (Online) diakses dari https://ipuisnas.id pada tanggal 27 Agustus 2022.

Setyowati, Titik. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Inkuiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 7(4). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 27 September 2023.

Siddik, M, and TIM Publishing. 2016. Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Tunggal Mandiri Publishing, (online) diakses dari https://books.googlei.co.id/books pada 09 Januiari 2023.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung :Alfabeta

Sunaita,Siregar, Rosila. 2021. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 7(3). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Suprianto, Edy. 2020. Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan untuk menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1(02). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Trisoningsih, Dwi. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Gambar Berseri. Jurnal Educatio, Vol 7(1). (Online diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 26 September 2022.

Ula, Iszatul. 2022. Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa pada sekolah dasar, Skripsi, Universitas Malang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Vitria, Nora. 2020. Model Aksi Insiden Berbasis Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa pada Masa Pndemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. Vol 3(2). (Online) diaskses dari https://scholar.googlei.com pada 29 September 2023.

Downloads

Published

2023-12-30