Bullying Verbal pada Santri Dayah Tradisional di Kecamatan Matangkuli Aceh Utara

Authors

  • Nurul Absar Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Utara, Indonesia
  • Dhinya Rihdatul Aisy Khartoum Internasional Insitute for Arabic Language, Sudan

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v5i1.2125

Keywords:

Aceh Utara, Bullying Verbal, Dayah Tradisional, Kecamatan Matangkuli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bullying verbal yang terjadi pada santri dayah dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya perilaku bullying verbal pada Santri dayah di Kecamatan Matangkuli Aceh Utara. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu para santri yang berada pada Dayah Tradisional dan data berupa kata-kata bullying verbal. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, teknik simak, teknik catat, dan memasukkan dalam korpus data. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan juga menarik kesimpulan. Hasil penelitian tentang bullying verbal pada santri Dayah di Kecamatan Matangkuli peneliti menemukan 5 bentuk bullying verbal yaitu, sindiran sebanyak 7 data yang diantaranya disebabkan oleh iri, dendam, tidak dianggap dan sebagai hiburan bagi pelaku. Menjuluki sebanyak 11 data disebabkan karena kekurangan fisik, nama orang tua, perilaku kurang baik dan iri. Menghina sebanyak 8 data disebabkan karena fisik seseorang, kebiasaan seseorang dan sebagai hiburan untuk si pelaku. Ejekan sebanyak 10 data yang disebabkan ingin membalas dendam, iri hati, kekurangan fisik, dan mengolok-olok sebanyak 4 data dikarenakan kebiasaan seseorang, bawaan dari keluarga dan hiburan. Adapun data yang peneliti temukan sebanyak 40 data.

References

Ahmad Nashiruddin, “Fenomena Bullying di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kajen Pati”. Jurnal Quality Vol 7 No 2, 2019, Hal 82. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i2.6295

Aristo, A. (2009). Pelaksanaan Program Anti Bullying Teacher Empowerment.

Bibou-Nakou, I., Asimopoulos, C., Hatzipemou, T., Soumaki, E., & Tsiantis, J. (2014). Bullying in Greek secondary schools: prevalence and profile of bullying practices. International Journal of Mental Health Promotion, 16(1), 3–18. https://doi.org/10.1080/14623730.2013.857824

Bryn, S. (2011). Stop Bullying Now! A Federal Campaign for Bullying Prevention and Intervention. Journal of School Violence, 10(2), 213–219. https://doi.org/10.1080/15388220.2011.557313

Chaer, Abdul. (2014). Linguistic Umum. Jakarta :Rineka Cipta.

Fitria Chakrawati. (2015). Bullying Siapa Takut. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Foody, M., Murphy, H., Downes, P., & O’Higgins Norman, J. (2018). Anti-bullying procedures for schools in Ireland: principals’ responses and perceptions. Pastoral Care in Education, 36(2), 126–140. https://doi.org/10.1080/02643944.2018.1453859

Gómez-Ortiz, O., Del Rey, R., Casas, J.-A., & Ortega-Ruiz, R. (2014). Parenting styles and bullying involvement / Estilos parentales e implicación en bullying. Cultura y Educación, 26(1), 132–158. https://doi.org/10.1080/11356405.2014.908665

Kadir Herson. Peran Pendekatan Psikolinguistik Dalam Membangun Pola Interaksi Pembelajaran Bahasa di Kelas. Jurnal. 2017. Vol. 15, No. 2. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1232

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), hal. 248.

Mahsun, Metode Penelitian Bahasa. (Jakarta: Raja Grafindo, 2005). Hlm. 93

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2007

Mujamil, Qomar. (2005) Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: kencana., 2010.

Sudaryanto, Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguis. (Yogyakarta: Duta Wacana University Press, 2015_. Hlm. 203.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta. 2006.

Widayanti, C.G.S. (2009). Fenomena Bullying di Sekolah Negeri Semarang: Sebuah Study Kualitatif. Jurnal Psikologi Undip. Vol 5. Nomor 2. Desember 2009.

Yusuf, Fakhrudin. (2012). Perilaku Bullying: Assesmen Multidimensi dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi. Vol. 11. No 2. Oktober 2012. Jakarta: Universitas Muhammaddiyah Jakarta.

Abdul Chaer. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta : Renika Cipta, 2015.

Downloads

Published

2023-06-30