Analisis Kesulitan Siswa dalam Penyelesaian Karya Ilmiah di SMA HAS Sepakat

Authors

  • Riska Audina Sekolah Menengah Atas Swasta HAS Sepakat, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v5i1.1779

Keywords:

Analisis, Menulis, Kesulitan Siswa , Karya Ilmiah , SMA HAS Sepakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan karya ilmiah di SMA HAS Sepakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner untuk mengumpulkan data. Responden empat orang guru SMA HAS Sepakat dan siswa sebanyak tiga puluh responden. Hasil temuan penelitian yang memuat tanggapan dari empat orang guru dan tiga puluh siswa yaitu guru SMA mengenai kesulitan siswa dalam menyelesaikan karya ilmiah menunjukkan bahwa ada beberapa kendala yang tidak dapat diatasi siswa dalam menyelesaikan karya ilmiah. Mencari bahan referensi (referensi), menemukan topik, menulis judul, dan menyusun kalimat adalah beberapa di antaranya.Ada dua faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan yang dihadapi. Pertama, faktor internal (karakteristik siswa, sikap belajar, konsentrasi belajar, kepercayaan diri, kemampuan menyelidiki hasil belajar, bakat yang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran, kurang minat belajar, motivasi rendah, dan kesehatan mental yang buruk). Kedua, faktor eksternal (hal-hal yang terjadi di luar kendali siswa, seperti media pembelajaran yang tidak lengkap, kurikulum yang tidak dapat dijelaskan oleh guru dan kendali siswa, kurangnya kedisiplinan pada awal proses pembelajaran, teman bermain, keluarga, dan lingkungan sekitar, dan komunitas yang lebih besar).

References

Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi (Jakarta:Rineka Cipta, 2011)

Akib Muhamad, Hukum Lingkungan Perspektif global dan Nasional, (Jakarta:Rajawali, 2014)

Amirullah Syarbini, Menulis Karya Ilmiah Itu Muda,(Bandung:Fajar Media,2011)

Andri Estining Sejati, Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Strudy Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA, Jurnal Pendidikan, Vol. 1.No. 2 (Februari 2016)

Asik Nur, Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif, Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif, Vol. 2.No. 1 ( uni, 2015). DOI: https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.06

Bahdin Nur Tanjung, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Proposal, Skripsi, Tesis,(Jakarta:Prenadamedia Group, 2005)

Dwiloka Bambang, Teknik Menulis Karya Ilmiah Skripsi, Tesis, Disertsi, Artikel, Makalah, Dan Laporan, ( Jakarta:Rineka Cipta, 2012)

Edi Kusnadi, Metodologi Penelitian Aplikasi Praktis (Metro: Ramayana Pers & STAIN Metro, 2008)

Erizal Gani, Komponen-Komponen Karya Tulis Ilmiah, (Bandung:Pustaka Reka Cipta, 2019)

Fajar Kurniadi, Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata,AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 1.No. 2 (Desember 2017)

Hainuatus Zahroh, Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) Untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba‟Unnur Bululawang, Jurnal Inofasi Pembelajaran, Vol. 3.No. 1 (Mei 2017). DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4281

Hery Theresia Maria, Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif, Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), vol. 1, no. 1 2015 Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosjakarya, 2018) 79

Munirul Abidin, Menjadi Kreatif Dengan Menulis, (Malang: UIN-Maliki Press, 2010

Sanifah Jamilatus Laili, Skripsi: Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Keluarga Tentang Perawatan Activities Daily Living Pada Lansia, (Jombang, Stikes:2018)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung:Alfabeta, 2007)

Suyanto da Asep, Betapa Mudah Menyusun Tulisan Ilmiah, (Jakarta: Erlangga, 2016)

Veronica Sudiati Al-Widyamartaya, Dasar-Dasar Menulis Karya Ilmiah, (Jakarta: Grasido Anggota Ikapi, 1997)

Downloads

Published

2023-06-30