Analisis Nilai Karakter dalam Hadih Maja

Authors

  • Aprilia Diarsi MTsN 2 Lhokseumawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v4i2.1499

Keywords:

Analisis , Nilai Karakter, Hadih Maja

Abstract

Minimnya penggunaan hadih maja saat ini dapat mengakibatkan punahnya hadih maja di masa mendatang. Mengkaji hadih maja sama halnya dengan menjaga kelestarian sastra lisan Aceh agar tidak tergerus perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung pada hadih maja, serta mengetahui nilai karakter mana yang paling dominan dalam hadih maja yang tertuang dalam buku Peribahasa Aceh karya Hasyim, Mk.Cs. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 14 nilai karakter dalam hadih maja, diantaranya yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun nilai karakter yang paling dominan diantara 14 nilai karakter tersebut ialah nilai karakter religius, hal ini dibuktikan dengan temuan nilai karakter religius sebanyak 12 data dari 55 data keseluruhan. Oleh sebab itu, hadih maja yang yang berkembang di Aceh dapat dijadikan sebagai pedoman masyarakat Aceh dalam kehidupan, hal ini dikarenakan dalam hadih maja memuat nasehat, larangan, petuah dan pesan moral yang berguna bagi seluruh kalangan masyarakat.

References

Bengat, Hadiatmadja. (2019). “Nilai Karakter pada Peribahasa Jawa”. Journal of Language Education, Literature, and Local Culture Volume 1, Nomor 1.

Hasyim, M.K. Cs. (1977). Peribahasa Aceh. Banda Aceh: Depdikbud.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). ‘Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa’, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Manalu, J. M. (2014). Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Perilaku Mahasiswa (Studi Kasus Proses Pendidikan Karakter dalam HMJ Sosiolog Universitas Mulawarman Kal-Tim. E-Journal Psikologi. 2 (4), 26-28.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Norman, Iskandar. (2011). Hadih Maja Filosofi Hidup Orang Aceh. Banda Aceh: BANDAR PUBLISHING.

———. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

———. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Nanda Saputra, Sarwiji Suwandi, & Budhi Setiawan. (2023). The Perception of Acehnese on Hadih Maja in the Formation of Children’s Character Values in Aceh. Journal of Namibian Studies : History Politics Culture, 33. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.536

Downloads

Published

2022-12-30