Penggunaan Tutur Bahasa pada Poster Aksi April 2022
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v4i2.1497Keywords:
Penggunaan Tutur Bahasa, Poster Aksi April 2022Abstract
Dalam aksi unjuk rasa ini terkadang demonstran kurang memerhatikan kaidah kebahasaan, penulisan yang tercantum dalam poster atau spanduk yang mereka gunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami makna yang disampaikan dalam poster atau spanduk yang dibuat oleh para demonstran serta tutur bahasa dan penulisan kata yang terdapat dalam poster tersebut. Data- data yang dikumpulkan merupakan data yang diambil secara acak pada media berita online, salah satu sosial media berupa gambar. Media online yang dipilih sebagai berikut : detikjateng, Liputan 6, DeskJabardotcom, Suarasumbar.id, Twitter. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara teknik dokumentasi, internet searching, dan mendesripsikan makna serta kesalahan penulisan pada poster tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif. Dengan menggunakan salah satu media poster, kreativitas seseorang juga dapat diaplikasikan dan menjadi pusat perhatian bagi yang melihatnya. Tutur bahasa yang digunakan pada poster ini berupa bentuk bahasa lisan yang ditulis sehingga menjadi sebuah tulisan. Hasil penelitian ini menemukan kesalahan penulisan pada beberapa kata, serta penggunaan bahasa yang kurang baik pada poster yang digunakan pada aksi unjuk rasa April 2022. Kesalahan tersebut seperti ; adanya kata yang disingkat, kurangnya tanda penegas pada akhir kalimat, dan lain sebagainya.
Kata kunci : tutur bahasa yang digunakan pada poster aksi unjuk rasa.
References
Abrams, M.H. 1981. Teori Pengantar Fiksi. Yogyakarta: Hanindita.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : RinekaCipta.
Iswinarno, C. (2022, April 11). 6 Deretan Poster Aksi Mahasiswa 11 April 2022, Tajam Tapi Kocak-kocak!. Diakses pada 1 Mei 2022 dari https://sumbar.suara.com/read/2022/04/11/160212/6-deretan-poster-aksi-mahasiswa-11- april-2022-tajam-tapi-kocak-kocak
Itsani S. (2020). Model Analisis Interaktif Miles Huberman. Palembang: Universitas Bina
Darma.
Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2009. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Gramedia.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan isi, strategi, dan penilaian,
Jakarta: Bumi Aksara.
Yule, George. 1996. Pragmatics. New York: Oxford University Press.
Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa : Pendekatan Struktural. Padang : Sukabina Press.