Analisisis Kekeliruan Bahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Kota Lhokseumawe

Authors

  • Wilda Rahmadani Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Indonesia
  • Vita Marlina Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v4i2.1496

Keywords:

Analisisis Kekeliruan Bahasa, Kota Lhokseumawe, Media Luar Ruang , Penulisan

Abstract

Kekeliruan bahasa pada lisan dijumpai, baik pada pembicaraan setiap hari maupun kumpulan formal bagi tokoh masyarakat, cendekia, dan para pembisnis. Sekalipun kekeliruan bahasa terhadap tulis dijumpai dalam media luar ruang kekeliruan bahasa ini melalui media luar ruang yang ada di daerah Kota Lhokseumawe. Tujuan dari penelitian ini antaranya 1) agar dapat menjabarkan gambaran kekeliruan bahasa Indonesia ditemukan di penulisan media luar ruang di daerah Kota Lhokseumawe;  2)Serta, kekeliruan penulisan huruf kapital pada nama orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif menurut hasil pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis, penulis mendapatkan kekeliruan bahasa pada tulisan media luar ruang di Kota Lhokseumawe ditemukan 11 kekeliruan bahasa  didapatkan pada papan spanduk serta penulisan di tempat shalat, serta spanduk pedagang, di antaranya terdapat kata tidak sesuai dengan KBBI yaitu 1. Kesalahan penulisan huruf miring (1. Bakery & cake shop, 2. Fresh dan laudry & dry clean service.) 2. Kesalahan kata tidak baku (1.Tehnik, 2.Kost, 3.Ga baik kalau diumbar mending masuk aja,  4.Apotik, 5.service, 6.Aksesories,7 .Waroeng, 8.Musala). 3. Kesalahan pengugunaan huruf kapital ( 1.miranda) Kekeliruan penulisan tersebut di sebabkan memilih kata tidak sesuai dengan KBBI.

References

Amir, F.A.S. (2014). “Anak Muda Media Massa, dan Sikap Berbahasa: Menjaga Mutu Bahasa Indonesia di Era Globalisasi”. dalam Kumpulan makalah rapat koordinasi pemuda penggerak cinta bahasa Indonesia se-Jawa Timur. Surabaya: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Agustin, (2016:51). Analisis kekeliruan Berbahasa pada tulisan media luar ruang dikota Jakarta timur.

Ghifary. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Iklan Baliho dalam Mensosialisasikan Bahaya Kebakaran di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi.2 (3): 26-39.

Tarigan, (2011: 68). Pemakaian Bahasa pada media luar ruang.

Moeliono, A.M. (1987). Masalah Bahasa

Yang dapat anda atas sendiri.Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Hasanudin, (2017). Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di kabupaten Bojonegoro.

Sugono, D. dkk. (2016). Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia ( keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Warsiman, & Rosyida, F. (2009). Bahasa Indonesia untuk Anda: Sebuah Renungan Pengalaman Kesalahan Berbahasa. Surabaya: Unesa University Press.

Waridah, E. (2008). EYD dan Seputar KebahasaIndonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.

Downloads

Published

2022-12-30