Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SMP Negeri 3 Meurah Mulia pada Pokok Bahasan Cerpen Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Authors

  • Raudatul Aulia Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v4i2.1492

Keywords:

Cerpen , Model Pembelajaran, Kelas VII , Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning (PBL), SMP Negeri 3 Meurah Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Meurah Mulia melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi pembelajaran pada pokok bahasan cerpen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SMP Negeri 3 Meurah Mulia yang berjumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok bahasan cerpen dengan jumlah siswa 25 orang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I yakni 56% dengan jumlah siswa yang tuntas 14 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 11 orang siswa dengan persentase 44% dan juga skor rata-rata yang diperoleh oleh peneliti yang diberikan oleh 2 pengamat yaitu 76,5%. Pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan jumlah siswa yang tuntas 23 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 2 orang dengan persentase 8% serta juga skor rata-rata yang diperoleh oleh peneliti yang diberikan oleh 2 pengamat yaitu 92,5%. Dari data ini, dapat dilihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai.

References

S.A Ningsih, T.F. Yusandra, Y. Febriani “pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA”. Jurnal pendidkan dan pembelajaran bahasa indonesia, (2022), vol 11.

Putri, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekoah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1 (1), 14-25.

Emrisena, A., & Suyanto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Ketrampilan Proses Sains Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 205.

Febrita, I., & Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajarn Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619-1633.

Puyada, D., & Putra, R. R. Meta “Analisis Pengaruh Problem Based Learning dan Virtual Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa”. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, (2018), 9–16.

Hamalik ,Proses Belajar Mengajar (Jakarta :BumiAksara, 2008), 30.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. (Jakarta :Kencana Prenada Media Group, 2011).54

Mattew B Miles dan Michel Hubberman, Qualitative Data Analysis: A Sourcebook Of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. (Jakarta: Universitas Indonesia (UI-PRESS), 2007) 173-174.

Supardi Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Moleong, Lexy J.. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2007), hal 6

Shoimin, Aris, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (Yogyakarta: Ar -Ruzz Media . 2014),hal.131.

Suyanto, Metode Pembelajaran. (Jakarta : Esensi .2013), hal 154

Dasna, I Wayan, Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Learning untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kuliah metodologi penelitian,(Malang : Lembaga Penelitian UM 2005), hal 23.

Sumardjo, Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2007), hal 91.

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2016). Hal 22.

Ahmad Susanto, Perkembangan anak Usia Dini, Jakarta: Kencana. 2011, hal. 59-60.

Downloads

Published

2022-12-30