Kosa Kata Arkais dalam Bahasa Gayo

Authors

  • Sri Mahbengi Sekolah Menengah Pertama Terpadu Al-Azhar Takengon

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v3i1.1450

Keywords:

Bahasa Gayo, Kosakata Arkais

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kelas kata, yaitu kosakata arkais dalam bahasa Gayo pada percakapan penutur asli masyarakat Gayo. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data dari penutur asli masyarakat Gayo yang berada di kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Hasil penelitian yang menggunakan kosakata arkais dalam bahasa Gayo sebanyak 60 data kosakata. Kosakata arkais dalam bahasa Gayo ditemukan dalam penelitian ini terdiri dari kelas kata kerja, sifat, benda, bilangan dan keterangan. Kelima jenis kelas kata tersebut tidak digunakan lagi oleh masyarakat dari kalangan umur 10 sampai 40 tahun. Kosakata yang sudah arkais diganti dengan kosakata yang baru untuk menggantikan kosakata yang telah hilang, tetapi juga ada kosakata yang tidak memiliki pengganti atau hilang. Kelas kata pengganti kosakata arkais tersebut digantikan dengan kelas kata yang sama, yaitu kelas kata kerja diganti dengan kelas kata kerja dan begitu seterusnya untuk kelima jenis kelas kata

 

References

Afria, R. (2017). Inventarisasi Kosakata Arkais Sebagai Upaya Penyelamatan dan Perlindungan Bahasa Melayu Kuno di Provinsi Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 1(2), 254–265.

Fahriyan, Y. (2017). Arkais dalam Bahasa Melayu Daerah Seberang Kota Jambi: Tinjauan Deskriptif. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1).

Khasanah, N., & Markhamah, M. (2018). Analisis Penggunaan Kata Keterangan pada Karangan Narasi Siswa di SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Netra, I. M. (2019). Menemu kenali Leksikon-leksikon Arkais pada Bidang Obat-obatan Tradisional Bali. Kajian Bali, 9(2).

Paramarta, I. K., Putrayasa, I. B., & Aryana, I. (2019). Jejak Kata Bilangan Dalam Prasasti Berbahasa Bali Kuno: Hubungan Kekerabatannya Dalam Rumpun Bahasa Melayu Polinesia. Forum Arkeologi, 32(2), 95–104.

Pastika, I. W. (2012). Pengaruh bahasa asing terhadap bahasa Indonesia dan bahasa daerah: Peluang atau ancaman. Jurnal Kajian Bali, 2(2), 141–164.

Surip, M., & Widayati, D. (2019). Kekerabatan Bahasa Jawa dan Bahasa Gayo: Kajian Linguistik Historis Komparatif. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 11(1), 1–26.

Waridah, E. (2008). EYD & Seputar kebahasa-Indonesiaan. Kawan Pustaka.

Yuwono, U & Lauder, M. R. M. T. (2005). Pesona bahasa: langkah awal memahami linguistik. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-06-30