Analisis Gangguan Berbahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Nga Kecamatan Lhoksukon

Authors

  • Intan Nuraini Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Aceh Utara, Indonesia

Keywords:

Analisis Gangguan Berbahasa, Anak Usia 5-6 Tahun, Desa Nga, Kecamatan Lhoksukon

Abstract

Masalah  yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah analisis gangguan berbahasa pada anak usia 5-6 tahun di Desa Nga Kecamatan Lhoksukon. Analisis disini bermaksud untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk gangguan berbahasa berdasarkan jenis gangguan Bahasa masyarakat di Desa Nga Kecamatan Lhoksukon. Analisis ini menggunakan jenis metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data anak usia 5-6 tahun, datanya berupa kalimat atau pengucapan anak usia 5-6 tahun dan pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, pengamatan dan catatan . Berdasarkan hasil penelitian gangguan berbahasa pada anak usia 5-6 tahun di Desa Nga Kecamatan Lhoksukon dapat disimpulkan bahwa: (1) Apreksia lisan: Ngeng-ngeng (4x); (2) gagap: Nyo-nyo-nyo padum (i-i-ini berapa); (3) dileksia: Dabi bangkul (tulisan yang ditulis di buku balqis). (4) keterlambatan bicara: ma......(menunujuk) ohhh.. uhhh.. ahh; (5) dysccaculia: (mengambil jajan lebih dari Rp 2000 membawa uang cuman rp1.000).

References

Azwar. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta Pustaka Biehler, R., and Snowman, J. (2000). Psychology applied to teaching, 10 th ed. Boston: Houghton Mifflin.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Fitriani, Remi. (2017). “Ekspresi Verbal Orang Latah: Studi Kasus pada Yulina Penutur Bahasa Bungo”. Tesis. Padang: Universitas Andalas.

Hurlock, Elizabeth B. 1997, “Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan rentang kehidupan”, Edisi kelima, Erlangga.

Indah. 2017. Gangguan Berbahasa. UIN: Maliki Press.

Keraf, G. (1984). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Natsir.(2017). Hubungan Psikolinguistik dalam Pemerolehan dan Pelajaran Bahasa Sastra.Yappi Makassar.

Tiel, J.M. 2006. Gangguan Perkembangan Bahasa dan Bicara dan Menanganinya pada Pure Dysphatic Development.Anakberbakat@yahoogroups.com. Diakses 5 Juli 2011.

Sitompul Monika.2019. Analisis Gangguan Berbahasa pada Anak di Kecamatan Pahae Julu. Jurnal sastra bahasa pengajar.volume 6 no 1.

Downloads

Published

2021-12-30