Analisis Gangguan Mekanisme Berbicara pada Anak Cadel di Desa Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu

Authors

  • Meutia Alviani Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v4i1.1437

Keywords:

Analisis , Anak Cadel , Desa Alue Bungkoh , Kecamatan Pirak Timu, Gangguan Mekanisme Berbicara, Aceh Utara

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini mengenai tentang gangguan mekanisme berbicara pada anak cadel di Desa Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu. Kajian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu peneliti melakukan dengan cara pengamatan (observasi) dan melakukan dengan cara simak apa yang telah diucapkan oleh anak tersebut. Peneliti ini juga bermaksud untuk mengidentifikasi kasus anak yang penderita gangguan berbicara cadel yang dapat menghambat terjadinya komunikasi dengan seseorang.  Hasil peneliti terhadap  penderita gangguan berbicara cadel ditinjau dari kajian psikolinguistik banyak faktor yang menyebabkan anak tersebut terjadi gangguan berbicara cadel. Salah  satunya adalah faktor psikologis yang dipengaruhi oleh faktor bawaan ketika bayi yang mengakibatkan anak tersebut tidak bisa melafalkan kata dengan benar terutama pada fonem /r/ menjadi fonem /l/ meskipun ada sebagian kecil yang masih bisa dilafalkan secara jelas, dan ada juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Dengan demikian, adanya pengaruh terhadap anak penderita cadel yaitu posisi lidah yang terlalu pendek sehingga fonem yang dikeluarkan oleh anak penderita gangguan cadel tidak sempurna. Kebiasaan inilah yang menyebabkan anak yang sulit untuk melafalkan fonem /r/ dengan secara jelas.

 

References

Azwar. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, N. S. (2015). Shall We Talk? Conversing With Humans and Robots. The Information Society, 31(3), 257–264. https://doi.org/10.1080/01972243.2015.1020211

Bungin. 2012. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Demuro, E., & Gurney, L. (2018). Mapping language, culture, ideology: rethinking language in foreign language instruction. Language and Intercultural Communication, 18(3), 287–299. https://doi.org/10.1080/14708477.2018.1444621

Leap, W. L., & Provencher, D. M. (2011). Language Matters: An Introduction. Journal of Homosexuality, 58(6–7), 709–718. https://doi.org/10.1080/00918369.2011.581906

Mawarda, Fildza. 2021. Analisis Gangguan Berbahasa pada Penderita Cadel (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Lingua, Vol 17 (1) 2021, hlm 46-51.

Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhdaliha, B., & Arlena, W. M. (2017). MALAY, CHINA AND INDIA ETHNICITIES REPRESENTATION (Case Study : Etnography and Manga Matrix Analysis, on Upin Ipin Animation Character). WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 15. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.10

Setiawan, Hendra, dkk. 2022. Gangguan Mekanisme Berbicara pada Anak Usia 4 Tahun: kajian Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 6 (2), 2022, hlm 9610-9614.

Soendjono, Dardjowidjojo. 2012. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Smeyers, P. (2008). Qualitative and quantitative research methods: old wine in new bottles? On understanding and interpreting educational phenomena. Paedagogica Historica, 44(6), 691–705. https://doi.org/10.1080/00309230802486168

Sundoro, Bekty Tandanintyas. dkk. 2020. Pola Tutur Penderita Cadel dan Penyebabnya: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Terakreditas Sinta 4 Berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Vol 3 (2), Tahun 2020, Hlm 338-349.

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara Sebagai Suau Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triyanto, dkk. 2020. Analisis Gangguan Mekanisme Berbicara pada Anak Cadel. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, sastra dan budaya Indonesia, Vol 2 (2), 2020, hlm 106-110.

Uther, M., & Banks, A. P. (2016). The influence of affordances on user preferences for multimedia language learning applications. Behaviour & Information Technology, 35(4), 277–289. https://doi.org/10.1080/0144929X.2016.1151077

Vajda, E. J. (2018). An introduction to languages of the world. WORD, 64(1), 38–42. https://doi.org/10.1080/00437956.2018.1425186

Downloads

Published

2022-06-30